CARA MERAWAT TOGA DAN JUBAH WISUDA AGAR TETAP BAGUS, AWET, DAN TAHAN LAMA.

cara-merawat-toga

Toga dan jubah wisuda adalah pakaian untuk wisuda yang sering digunakan pada saat acara wisuda atau kelulusan setelah selesai menempuh jenjang pendidikan. Toga adalah topi wisuda yang dianggap sebagai lambang sebuah pengakuan dan pencapaian. Sedangkan jubah wisuda adalah perlengkapan yang menandakan bidang bidang studi dari orang tersebut. Berikut cara merawat toga dan jubah wisuda agar tetap bagus, awet, dan tahan lama.

1.Pisahkan Ketika Anda Ingin Mencuci Toga Dan Jubah Wisuda

Cara merawat toga dan jubah wisuda yang pertama adalah memisahkan kedua benda tersebut ketika ingin mencuci. Anda bisa mencuci jubah wisuda dengan mudah seperti biasa, dan hati-hati agar tidak mudah sobek. 

Sedangkan untuk topi toga, anda hanya perlu membersihkannya dari debu dan kotoran yang menempel. Topi toga mengandung bahan karton yang akan mudah rusak jika terkena air, sehingga anda tidak perlu untuk mencucinya dan hanya perlu membersihkannya saja.

2.Menggunakan Deterjen Yang Lembut Dan Baik 

Saat mencuci jubah wisuda milik anda, sebaiknya anda mencucinya dengan deterjen yang baik dan lembut. Deterjen yang bertekstur lembut  mampu untuk merawat kain saat dicuci sehingga kain menjadi lebih awet, tidak mudah rusak, dan tahan lama.

3.Tidak Menjemurnya Langsung Dibawah Sinar Matahari

Cara merawat toga dan jubah wisuda yang selanjutnya adalah, menjemurnya dengan cara diangin-anginkan setelah selesai dicuci, dan dibersihkan. Anda tidak  perlu menjemurnya dibawah terik sinar matahari langsung. 

Jika anda menjemurnya dibawah terik sinar matahari langsung malah justru dapat merusak kain dan bahkan membuat warna jubah lama kelamaan akan memudar. Anda hanya perlu menggantungkan jubah milik anda di teras atau di tempat yang teduh dan bisa mengeringkan jubah tersebut.

4.Menyetrika Dengan Benar Dan Digantungkan

Setelah anda selesai mencuci dan mengeringkan jubah dengan baik dan benar, anda bisa menyetrika jubah tersebut dengan teliti dan hati-hati agar terlihat lebih halus dan rapi. Sebaiknya anda juga menguntungkan jubah milik anda agar tidak kusut saat ingin  digunakan. 

5.Menyimpan Toga Dan Jubah Wisuda Dengan Benar Agar Tetap Rapi

Cara merawat toga dan jubah wisuda agar tetap awet memang memiliki beberapa tahapan, begitupun dengan cara penyimpanannya. Berikut cara menyimpan toga dan jubah wisuda dengan benar agar tetap terlihat rapi : 

  • Simpan toga dan jubah wisuda di tempat bersih, kering, tidak berdebu dan tertutup rapat.
  • Simpan toga dan jubah wisuda jika memang sudah benar-benar kering agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.
  • Jangan menyimpan jubah wisuda di tempat yang cukup penuh  dan sesak, hal tersebut dapat membuat jubah wisuda menjadi kusut dan tidak rapi. menyimpan jubah wisuda di tempat yang lebih longgar juga dapat mempermudah anda saat ingin mengambil jubah tersebut ketika ingin digunakan. 
  • Pastikan anda mencuci dan membersihkan toga serta jubah wisuda milik anda sebelum di simpan. Pakaian yang masih kotor atau mengandung unsur-unsur makanan dapat mengundang serangga yang akhirnya dapat merusak kain dari jubah tersebut.
  • Gunakan kamper atau alat penghilang kelembaban air agar pakaian wisuda tetap terjaga dalam kondisi yang baik, dan mencegah datangnya serangga perusak pakaian.

Demikian artikel mengenai cara merawat toga dan jubah wisuda agar tetap bagus, awet, dan tahan lama. Semoga artikel ini dapat menjadi panduan anda dalam merawat toga serta jubah wisuda milik anda agar tetap terawat dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *