Mengetahui Lebih Dalam Tentang Kemeja Batik

Kemeja-Batik

Kemeja batik adalah salah satu kemeja dengan motif batik warisan budaya. Kemeja batik ini biasanya digunakan untuk menghadiri acara-acara formal. Kemeja ini juga cocok digunakan pria maupun wanita. Menggunakan kemeja batik sama juga dengan menjaga warisan budaya yang turun temurun. Kemeja batik memiliki beragam model motif. Oleh karena itu tidak heran jika kemeja ini banyak digemari oleh beberapa kalangan.

Beberapa Bahan Material Kain Pembuatan Kemeja Batik

Kemeja batik juga memiliki beberapa bahan material kain yang beragam. Bahan material kain ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pengguna dapat memilih bahan kemeja ini sesuai dengan kebutuhannya masing–masing. Oleh karena itu sangat penting bagi pengguna mengetahui kekurangan dan kelebihan bahan tersebut. Berikut beberapa bahan material kain batik yang perlu diketahui.

1. Kain Grey

Salah satu bahan material kain pembuatan kemeja batik adalah kain grey. Kain ini tidak melewati proses pemutihan sehingga dianggap sebagai kain belum jadi. Bahan ini terbuat dari tenunan kapas sehingga cocok digunakan sebagai bahan busana wanita ataupun aksesoris. Kain grey ini memiliki beberapa jenis turunan. 

Jenis turunan tersebut adalah kain blacu, kain tenun yang dibuat dengan alat tenun, kain tenun gedog. Kain ini juga sangat berkualitas tinggi. Oleh karena itu tidak heran jika kain ini banyak diminati oleh beberapa kalangan. 

2. Kain Dobby

Bahan kain selanjutnya adalah kain dobby. Kain ini memiliki kualitas yang baik untuk digunakan. Bahkan kain ini juga memiliki permukaan yang halus. Bahan ini juga menjadi salah satu bahan yang diminati. Bahan ini terbuat dari bahan benang sutra. Bahan ini juga memiliki beberapa tingkat kualitas dari yang kasar hingga yang halus. 

3. Kain Serat Nanas

Kain serat nanas ini juga merupakan salah satu kain yang memiliki kualitas tinggi. Kain ini memiliki tekstur yang sedikit kasar. Kain ini sering digunakan untuk bahan kain batik. Kain ini juga dapat memberikan rasa hangat ketika digunakan. Bahan ini juga memiliki beberapa tekstur mulai dari tekstur kasar dan halus. Bahan ini juga digemari beberapa kalangan karena memiliki beberapa keunggulan.

4. Kain Mori

Kain mori merupakan salah satu bahan kain pembuatan kemeja batik. Bahan ini berwarna putih polos memiliki ketebalan kehalusan dan kerapatan yang sempurna. Kain mori ini memiliki beberapa jenis kain yang berbeda. Bahan ini sangat diminati beberapa kalangan. Karena memang memiliki beberapa bahan yang banyak memiliki keunggulan. 

5. Kain Rayon

Kain ini juga merupakan salah satu jenis kain yang digunakan untuk pembuatan kemeja batik. Bahan kain ini juga termasuk bahan terbaik karena memiliki daya serat yang tinggi. Bahan ini sangat nyaman digunakan karena lembut dan halus di kulit. Kain ini mudah diwarnai dan tidak mudah kusut saat digunakan. 

Kain ini juga banyak memiliki peminat di beberapa kalangan. Karena memang kain ini juga memiliki beberapa kelebihan yang menarik. Jadi tidak heran jika kain ini banyak diminati. 

6. Kain Sutra

Kain sutra juga merupakan salah satu bahan material kain pembuatan kemeja batik. Bahan ini memiliki serat yang tidak mudah sobek. Bahan ini juga sangat lembut dan halus dikulit. Bahan ini juga tergolong kuat dan bisa disetarakan dengan kawat bagus dengan baja. Mampu menyerap keringat dengan baik. 

Bahan ini juga akan memberikan kesan modis dan elegan ketika digunakan. Oleh karena itu tidak heran jika bahan ini sering digunakan untuk pembuatan kemeja batik. Karena memang banyak memiliki kelebihan. 

Demikianlah pembahasan tentang kemeja batik. Kemeja batik memang diminati oleh beberapa kalangan. Selain membuat tampilan lebih menarik penggunaan kemeja batik juga dapat membuat motif batik ini agar tidak punah. Kemeja batik ini memiliki beragam bahan kain yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *