Perbedaan Jas Laboratorium Dan Toga Wisuda

Jas-laboratorium-dan-toga-wisuda

Jas laboratorium adalah pakaian yang digunakan saat seseorang masuk ke ruangan laboratorium. Pakaian ini pakaian khusus yang digunakan keluar masuk laboratorium. Jas lab adalah alat pelindung diri atau APD yang digunakan pekerja keluar masuk laboratorium. 

Sedangkan toga wisuda adalah pakaian para wisudawan yang digunakan saat wisuda. Toga sudah ada sejak zaman romawi. Pada zaman itu toga hanya digunakan kaum lelaki. Namun saat ini toga wisuda merupakan baju kebesaran yang digunakan saat seseorang sedang wisuda. 

Apakah Yang Dimaksud Dengan Jas Laboratorium?

Jas laboratorium memiliki bentuk seperti jubah dengan model lengan panjang, namun model lengan pendek juga ada. Jas ini memiliki ukuran panjang kebawah sampai mata kaki. Jas lab terbagi menjadi 2.

 Yaitu jas lab yang digunakan sekali dipakai seperti jas yang digunakan untuk ke lab hewan atau biologi. Jenis yang kedua adalah jas berkali-kali pakai,  jas ini dapat digunakan berulang kali contoh jas kimia. 

Jenis bahan pembuatan jas laboratorium ada berbagai macam. Bahan jas laboratorium dipilih sesuai kegunaan dan kebutuhan. Jas lab juga adalah yang terbuat dari lapisan bahan tahan api. Selain itu juga ada yang menggunakan cotton lab yang biasanya dapat bertahan satu sampai dua tahun pemakaian.

 Dan yang terakhir adalah bahan cotton blends dengan bahan polyester maupun campuran dengan cotton. Biasanya jas lab berwarna putih, namun sekarang banyak jas lab berwarna-warni.

Apakah Yang Dimaksud Dengan Toga Wisuda?

Toga wisuda adalah pakaian yang hampir sama dengan jas laboratorium. Toga wisuda hampir sama dengan jas laboratorium lengan panjang atau seperempat lengan. Biasanya jas lab identik dengan warna putih sedangkan toga identik dengan warna hitam. 

Bahan toga wisuda pun bermacam-macam. Terdapat beberapa jenis yang berbeda sesuai kebutuhannya masing-masing. Berikut beberapa bahan jenis toga wisuda.

1.Bestway

Bahan ini memiliki karakter dingin dan lembut sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Kain ini merupakan salah satu kain yang direkomendasikan untuk pembuatan toga wisuda.

2.Satin

Kain selanjutnya adalah kain satin. Kain satin merupakan salah satu bahan yang direkomendasikan untuk pembuatan toga. Kain ini memiliki bahan yang licin dan mengkilap. Kain satin jika digunakan akan terlihat elegan namun mewah. Kain ini tidak hanya digunakan untuk pembuatan toga, namun juga kemeja gamis dan lain-lain. 

3.Tessa

Tessa adalah bahan yang memiliki tekstur halus dan tidak gampang kusut dibanding yang lain. Kain ini merupakan salah satu kain yang direkomendasikan untuk pembuatan toga. 

4.Beludru

Bahan bludru memiliki bahan yang halus dan rata. Kain ini juga berkilau dan lembut seperti kain sutra dan wol. Bahan ini juga tersedia tebal maupun tipis sesuai kebutuhan. Bahan ini adalah salah satu bahan yang direkomendasikan untuk pembuatan toga wisuda.

Apa Saja Perbedaan Jas laboratorium Dan Toga Wisuda?

Jas laboratorium dan toga wisuda memiliki beberapa perbedaan yang mencolok. Perlu diketahui beberapa perbedaan tersebut agar bisa membedakan. Berikut beberapa poin tersebut.

Jas Laboratorium

1.Warna putih jas bermakna harapan, fungsi dari jas tersebut berwarna putih adalah agar dapat dengan mudah terlihat jika terkena noda.

2.Digunakan untuk praktikum,penelitian dan lain sebagainya di ruangan laboratorium.

3.Terbuat dari bahan blends, synthetic, coat yang tahan api dan tahan zat kimia.

4.sekali pakai & berkali-kali pakai

5.Digunakan oleh medis, peneliti, atau apapun yang bersangkutan dengan laboratorium. 

Toga Wisuda

1.Warna hitam bermakna keagungan dan terkesan misterius, hal ini agar gelar yang didapat dapat menyibak kegelapan.

2.Penggunaan ketika wisuda kelulusan.

3.terbuat dari bahan bludru tessa satin dll.

4.berkali-kali dipakai

5.Digunakan oleh mahasiswa

Demikianlah penjelasan tentang perbedaan antara jas laboratorium dan toga wisuda. Hal ini penting untuk diketahui agar dapat membedakan antara jas lab dan toga wisuda. Dan mengetahui beberapa poin yang mencolok pada perbedaannya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *