MENGENAL CELANA CHINO LEBIH DALAM DAN BAHAN KAIN YANG DIGUNAKAN 

celana-chino

Celana chino adalah celana yang memiliki gaya yang lebih formal daripada celana jeans, namun lebih santai daripada celana panjang formal seperti celana jas atau celana kantor.

Celana chino biasanya terbuat dari bahan katun atau gabungan katun dengan serat lainnya seperti poliester atau spandex. Sehingga hal tersebut memberikan kenyamanan dan keleluasaan gerak bagi para penggunannya.

Celana ini memiliki ciri khas berupa potongan lurus atau sedikit menyempit di bagian bawah. Terkadang celana ini juga memiliki kantong samping dan kantong belakang yang cukup dalam. 

Celana chino awalnya dikenal sebagai pakaian yang digunakan dalam kegiatan olahraga golf, namun kini telah menjadi pilihan yang populer untuk berbagai kesempatan, mulai dari kegiatan sehari-hari hingga acara semi-formal.

1.Kelebihan Celana Chino

Celana chino memiliki kelebihan diantaranya : 

  • Nyaman Saat Digunakan

Celana chino adalah celana yang terbuat dari bahan yang ringan dan nyaman digunakan, sehingga cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari

  • Mudah Dipadukan

Celana chino selain nyaman saat digunakan juga memiliki kelebihan mudah untuk dipadukan dengan berbagai jenis pakaian. Pakaian yang sering dipadukan dengan celana chino diantaranya adalah kemeja, kaos, atau sweater.

  • Memiliki Harga Yang Terjangkau

Celana chino pada umumnya dijual dengan harga yang terjangkau jika dibandingkan dengan celana-celana formal yang lainnya.

  • Fleksibel

Celana chino adalah celana yang fleksibel. Celana chino dapat digunakan dalam berbagai situasi, acara yang formal, atau bahkan kasual.

2.Kekurangan Dari Celana Chino

Selain memiliki kelebihan celana chino juga memiliki kekurangan diantaranya : 

  • Mudah Kusut

Kebanyakan celana chino terbuat dari bahan yang rentan terhadap kusut, seperti katun atau gabardine. Ini bisa membuat penampilan kurang rapi jika tidak disetrika dengan baik.

  • Keterbatasan Dalam Penggunaan

Meskipun celana chino umumnya cukup serbaguna, namun beberapa orang mungkin menganggapnya kurang cocok untuk acara-acara formal yang sangat resmi. Seperti upacara pernikahan atau pertemuan bisnis yang sangat formal.

  • Memiliki Keterbatasan Warna

Celana chino tidak memiliki pilihan warna. Celana chino memiliki warna yang terbatas pada warna netral seperti warna hitam, putih, abu-abu, dan coklat.

  • Rentan Terhadap noda

Bahan celana chino, terutama yang berwarna terang, cenderung lebih rentan terhadap noda daripada jenis celana yang lainnya.

  • Bahan Celana Chino Mudah Luntur

Beberapa macam jenis-jenis bahan celana chino dapat mudah luntur jika tidak dirawat dengan baik.

3.Jenis-jenis Bahan Celana Chino

Berikut beberapa macam jenis-jenis bahan celana chino yang wajib kamu ketahui : 

  • Bahan Katun

Bahan katun adalah jenis bahan yang paling sering digunakan untuk pembuatan celana chino. Katun adalah jenis kain yang ringan dan nyaman, cocok digunakan saat cuaca hangat. Selain itu, celana yang terbuat dari bahan katun memiliki ketahanan yang cukup tahan lama dan mudah dirawat.

  • Bahan Kanvas

Kanvas adalah jenis bahan yang tebal dan lebih kuat jika dibandingkan dengan bahan jenis katun. Kelebihan dari kanvas adalah tahan lama dan tidak mudah kusut.

  • Bahan Denim

Denim adalah jenis bahan yang sering digunakan untuk pembuatan celana jeans, tetapi bahan denim juga bisa digunakan sebagai bahan dari celana chino. Celana chino yang berbahan denim dapat terlihat jauh lebih casual dan cocok digunakan di acara-acara santai. Bahan denim juga memiliki kelebihan yang tahan lama dan cukup fleksibel.

  • Bahan Twill

Bahan twill adalah bahan yang halus dan memiliki tekstur yang lebih sedikit dibandingkan dengan kain kanvas. Celana chino yang terbuat dari bahan twill akan terasa lebih lembut dan fleksibel.

  • Bahan Gabardine

Bahan gabardine adalah jenis bahan yang tahan lama dan juga kuat. Bahan jenis ini terasa lebih kokoh dan berat serta tidak mudah kusut. Celana chino yang menggunakan bahan jenis ini juga memiliki kelebihan tahan lama dan ketahanannya terhadap kerusakan. Hal tersebut juga menjadikan celana chino  jenis ini cocok digunakan dalam situasi formal maupun casual.

Demikian artikel mengenai mengenal celana chino lebih dalam dan bahan kain yang digunakanan yang dapat membantu memberikan gambaran tentang celana chino yang ingin anda beli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *