Apakah Yang Dimaksud Dengan Rompi Lapangan?

Rompi

Rompi lapangan adalah salah satu alat keselamatan yang digunakan saat bekerja. Rompi lapangan biasanya disebut dengan rompi safety. Rompi lapangan dibuat untuk memberikan perlindungan ekstra bagi para pekerja. Para pekerja akan terhindar dari benda tajam, percikan bahan kimia, dan benda-benda yang jatuh mengenai tubuh bagian atas. 

Arti Warna Rompi Safety Beserta Jenis-jenisnya

Sebagian masyarakat beranggapan bahwa rompi safety memiliki warna yang tidak ada arti. Namun ternyata rompi ini memiliki warna dan terdapat arti dan fungsi tersendiri. Berikut perbedaan warna rompi safety dan fungsinya.

1.Rompi Safety Warna Merah

Rompi safety warna merah biasanya digunakan oleh para pekerja lapangan yang memiliki kegiatan bergerak tinggi baik siang maupun malam. Contoh pekerja yang menggunakan rompi ini adalah pekerja tambang, Petugas bandara, petugas pemadam kebakaran, dan lain sebagainya. Rompi safety ini dikombinasikan menggunakan pita scotlight dan memiliki material yang menyala pada rompi. 

2.Rompi Safety Warna Orange

Rompi safety warna orange ini biasanya digunakan para pekerja lapangan yang bekerja pada proyek konstruksi dan industri beresiko tinggi. Tidak hanya itu para pekerja perbaikan jalan juga menggunakan rompi ini.

 Hal ini bertujuan agar para pengemudi dapat mengetahui bahwa mereka sebagai petugas perbaikan jalan. Biasanya rompi orange ini dibuat dari bahan material jaring dengan ketahanan yang kuat. Rompi ini juga dilengkapi dengan banyak kantong saku agar memudahkan pekerja menyimpan alat yang dibutuhkan.

3.Rompi Warna Hijau Atau Kuning Stabilo

Warna hijau terang atau warna kuning stabilo biasanya digunakan pekerja lapangan. Hal ini dikarenakan warnanya terang menyala sehingga banyak digunakan para pekerja proyek. Tak hanya itu rompi ini juga digunakan oleh pekerja lalu lintas, penjaga keamanan, petugas kebersihan atau pengendara motor. Rompi ini biasanya dibuat dari bahan polyester.

Tips Perawatan Rompi Safety Yang Benar

Perawatan rompi safety juga harus benar dan baik. Hal ini dikarenakan kualitas rompi safety tergantung bahan dan perawatan. Jika perawatan rompi ini benar, rompi tersebut akan menjadi lebih awet dan kualitasnya terjaga. Berikut beberapa tips merawat rompi safety yang benar.

1.Simpan Rompi Di Tempat Yang Kering Bersih

Setelah menggunakan rompi usahakan menyimpan rompi ditempat yang kering dan bersih. Atau ketika rompi terkena air hujan dapat digantung dulu agar kering. Hal ini menghindari munculnya jamur pada rompi tersebut. 

2.Bersihkan Rompi Secara Teratur

Setelah selesai menggunakan rompi bersihkan dahulu rompi yang terlihat kotor. Rompi yang dibersihkan secara teratur akan lebih awet. Maka dari itu  usahakan membersihkan rompi setelah digunakan atau terlihat kotor.

3.Perhatikan Lama Waktu Saat Merendam Rompi

Proses merendam rompi tidak perlu menggunakan waktu yang terlalu lama. Karena hal itu akan membuat rompi akan cepat luntur. Dan gunakan deterjen secukupnya saat merendam rompi, agar tidak merusak bahan rompi tersebut.

4.Sering Melakukan Pemeriksaan Pada Rompi

Selain merawat dengan benar hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah memeriksa rompi secara berkala. Hal ini dilakukan agar dapat melihat apakah rompi ini masih layak untuk tetap digunakan. Rompi yang sudah tidak layak digunakan harus segera diganti karena keselamatan pekerja juga tergantung pada rompi ini.

Demikianlah pembahasan tentang rompi lapangan atau rompi safety. Sebagai salah satu alat yang digunakan untuk mencegah kecelakaan saat bekerja menjadikan rompi ini penting. Para pekerja lapangan dianjurkan menggunakan ini agar mengurangi resiko terjadinya kecelakaan saat bekerja.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *