CARA MERAWAT JAKET KULIT DENGAN BENAR

jaket-kulit

Jaket kulit adalah pakaian luar yang berfungsi sebagai baju rangkap untuk melindungi diri dari angin dan cuaca yang dingin. Jaket kulit adalah jaket yang bahan dasarnya berasal dari kulit binatang, biasanya kulit binatang yang sering dijadikan sebagai bahan jaket kulit adalah kulit domba. 

Namun tak hanya kulit domba saja yang biasa dijadikan sebagai bahan dasar dari jaket kulit. Kulit-kulit yang lainnya pun juga sering dijadikan sebagai bahan dasar dari jaket kulit. Contohnya seperti kulit domba, kulit sapi, kulit unta, kulit kerbau, kulit babi, dan masih banyak lagi jenis kulit yang lainnya.

  • Cara Membersihkan Kotoran Yang Ada Pada Jaket Kulit

Cara merawat jaket kulit yang pertama adalah, dengan cara membersihkannya menggunakan cara yang benar. Sebenarnya, cara membersihkan jaket kulit bila terkena kotoran dan noda cukuplah mudah. Anda hanya perlu membersihkannya dengan cara mengelap menggunakan kain saja. Berikut cara membersihkan noda pada jaket kulit yang benar : 

  1. Menggunakan produk yang pas pada saat membersihkan kotoran diantaranya adalah sabun cuci piring, deterjen untuk pakaian halus, dan juga shampoo bayi.
  2. Membuat campuran sabun dan air. Anda hanya perlu menggunakan campuran ini sedikit pada saat anda membersihkan kotoran yang menempel pada jaket kulit.
  3. Menggunakan kain yang bersih, oleskan campuran tersebut pada bagian yang terkena noda. Lalu, lap sesuai dengan mengikuti alur serat permukaan dari kulit tersebut.
  4. Membersihkan sabun yang masih menempel menggunakan kain yang bersih sehingga, jaket kembali bersih sempurna tanpa ada sabun yang tersisa.
  5. Mengeringkan jaket dengan cara yang alami
  6. Mengoleskan cairan pelembut bahan kulit pada bagian yang baru saja selesai dibersihkan, agar jaket kulit tidak menjadi kering.
  • Menyemir Jaket Kulit

Paparan sinar matahari yang terlalu lama akan membuat jaket kulit menjadi terlihat kusam. Banyak orang mengira bahwa cara agar jaket kulit tidak rusak adalah dengan menggunakan semir sepatu. Namun, semir sepatu ternyata dapat menyumbat permukaan jaket kulit yang akhirnya, akan membuat jaket kulit menjadi kering, dan berubah warna.

Agar hal semacam itu tidak terjadi, sebaiknya anda menggunakan balm  kulit profesional untuk mengembalikan kilau dari kulit tersebut. Cara merawat jaket kulit yaitu dengan cara menggunakan balsam khusus pada jaket kulit.

  • Tidak Menggunakan Mesin Cuci Saat Membersihkan Jaket Kulit

Cara merawat jaket kulit yang selanjutnya adalah dengan cara tidak mencuci jaket menggunakan mesin. Hal ini karena kulit terbuat dari bahan organik yang alami, dan memiliki sifat lentur yang berasal dari minyak alami yang terkandung didalamnya. Mencuci jaket kulit menggunakan mesin akan membuatnya menghilangkan minyak alami.

Jika minyak alami pada jaket mengering atau bahkan menghilang, maka, jaket kulit milik anda akan menjadi retak atau bahkan berubah menjadi keriput.

  • Menyimpanya Dengan Cara Digantung

Cara menyimpan jaket kulit yang paling dianjurkan adalah menyimpannya dengan cara digantungkan. Hal tersebut bertujuan karena, jaket kulit akan terlihat lebih baik jika disimpan dengan cara digantungkan. Tidak disarankan bagi anda untuk menyimpan jaket kulit dengan cara dilipat. Jika anda menyimpan jaket kulit dengan cara dilipat, maka akan menimbulkan garis-garis serta kerutan pada jaket kulit milik anda.

Demikian artikel mengenai cara merawat jaket kulit dengan benar. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk membersihkan jaket kulit milik anda dengan baik dan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *