MEMPELAJARI LEBIH DALAM MENGENAI PAKAIAN DINAS LAPANGAN (PDL)

pakaian-dinas-lapangan

PDL atau sering disebut juga dengan pakaian dinas lapangan, adalah pakaian yang menjadi jati diri dari seragam satu komune atau organisasi. Sebab nama dinas lapangan, pakaian ini sering digunakan saat kegiatan diluar ruangan. Namun, tidak semua pekerjaan menggunakan pdl, hanya sebagian pekerjaan saja yang menggunakan pdl, diantaranya adalah :

  • Petugas Lalu Lintas
  • Petugas Di Bidang Transportasi
  • Petugas Ekspedisi
  • Kepolisian
  • Militer

Selain seorang pekerja, biasanya pdl juga sering digunakan saat kegiatan pengembaraan dan penjelajahan outdoor dan digunakan sebagai seragam utama. Jenis pakaian yang termasuk kedalam pdl diantaranya adalah : 

  • Kemeja Outdoor
  • Jaket
  • Jas Hujan
  • Celana Cargo
  • Topi
  • Rompi

Kain Yang Sering Digunakan Sebagai Bahan PDL

1.Japan Drill

Bahan japan drill ini, sering digunakan sebagai bahan seragam TNI AU karena memiliki tingkat kenyamanan yang pas. Meskipun digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, bahan ini tidak akan menimbulkan panas, dan bahan ini  juga mampu menyerap keringat dengan baik.

2.American Drill

American Drill memiliki keunggulan yaitu berupa bahan yang bersifat adem, dan memberikan kenyamanan pada kulit. Bahan american drill juga memiliki berat yang cukup ringan saat digunakan. 

Sehingga membuat pakaian yang berbahan american drill ini cocok untuk berbagai kegiatan yang memakan waktu cukup lama. Kelebihan dari kain ini timbul dikarenakan bahan dasarnya yang terbuat dari polyester dan katun.

3.Unione Drill

Unione Drill adalah salah satu merek dari american drill yang memiliki harga cenderung lebih murah. Walaupun harga dari kain ini cenderung lebih murah, namun kain jenis ini masih memiliki sisi unggul dari segi kualitas. Tekstur kain yang sedikit kaku tetapi masih tetap terasa lembut saat menyentuh kulit membuat kain ini cukup populer untuk pembuatan baju PDL.

4.Katun

Katun merupakan bahan yang terbuat dari serat alami kapas yang membuatnya menjadi lembut dan nyaman saat digunakan. Katun juga memiliki keunggulan dapat menyerap air dan keringat secara maksimal. Karena keunggulannya bahan ini sering menjadi bahan unggulan pembuatan sprei dan handuk.

Meskipun begitu, ada juga seragam yang terbuat dari bahan katun, tak terkecuali dengan seragam pakaian dinas lapangan milik TNI AU yang juga terbuat dari bahan katun.

5.Linen

Bahan linen sering digunakan sebagai bahan pdl karena memiliki sifat yang lebih dingin dari bahan katun. Sehingga membuat bahan ini cocok digunakan saat musim panas, bahan ini juga memiliki performa yang kuat dan tahan lama.

Bahan linen juga hadir dalam beragam pilihan warna, sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan pakaian PDL milik anda.

6.Rayon

Rayon juga sering dipilih menjadi bahan pakaian dinas lapangan karena, memiliki harga yang tergolong murah namun tetap terasa lembut saat menyentuh kulit. Kain rayon juga memiliki warna yang cukup beragam dan memiliki kelebihan mampu menyerap keringat dengan sempurna. Sehingga cocok digunakan untuk kegiatan di luar ruangan dalam jangka waktu yang cukup lama.

7.Kain Taipan Tropical

Kain taipan tropical adalah kain yang terbuat dari campuran katun dan polyester, sehingga dapat terasa lebih lembut dan nyaman. Kain jenis ini juga mampu membuat baju menjadi terkesan lebih eksklusif, terlebih lagi bahanya yang terasa nyaman dapat membuat banyak orang menyukainya. 

Kain taipan tropical memang cocok dijadikan bahan pakaian dinas lapangan, tetapi sesuai dengan kualitasnya yang sempurna kain ini cenderung memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan jenis kain yang lainnya.

Demikian artikel tentang mempelajari lebih dalam mengenai pakaian dinas lapangan (PDL), semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda mengenai dunia pakaian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *