Mengetahui Tentang Jas Almamater

Jas-Almamater

Jas almamater adalah pakaian yang wajib dimiliki mahasiswa. Jas almamater digunakan untuk menjadi identitas diri. Jas almamater merupakan pakaian luaran yang dilengkapi dengan badge nama atau lambang universitas. Jas almamater dapat digunakan pria maupun wanita.

Rekomendasi Kain Yang Digunakan Untuk Pembuatan Jas Almamater

Almamater memiliki beberapa material kain yang berbeda. Walaupun memiliki beberapa material kain yang berbeda akan tetapi bahan kain ini memiliki karakteristik yang hampir sama. 

Bahan almamater harus dipilih sesuai kebutuhan agar nyaman. Berikut beberapa contoh kain almamater.

1.Nagata Drill

Bahan yang biasanya digunakan adalah bahan nagata drill. Bahan ini menggunakan serat banyak dan dibuat dengan benang tebal. Kain ini memiliki tekstur halus, adem, menyerap keringat dengan baik dan tidak mudah kusut. Bahan ini sangat direkomendasikan untuk pembuatan jas almamater.

2.American Drill

American drill memiliki serat yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Kain ini memiliki tekstur yang lembut, halus dan akan terasa nyaman saat digunakan. Kain ini juga banyak digunakan untuk pembuatan jas almamater. Oleh karena itu kain ini menjadi salah satu kain yang direkomendasikan.

3.Twist Drill

Kain ini memiliki bahan yang tebal, sedikit mengkilap dan memiliki serat polyester yang banyak. Namun bahan ini kurang nyaman jika digunakan terlalu lama. Walaupun demikian kain ini dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau.

4.Hisofy Drill

Hisofy adalah material kain yang sangat direkomendasikan. Kain ini memiliki kelembutan diatas american drill dan nagata drill. Akan tetapi perbedaan kain hisofy drill dan nagata drill akan lebih bisa dibedakan setelah dicuci.

 Kain hisofy drill akan tetap lembut setelah dicuci dan  kain nagata akan terlihat seperti kaku. Kain ini termasuk kain yang baik untuk digunakan sebagai bahan pembuatan jas almamater.

5.Castillo Drill

Bahan material kain yang sering dipilih selanjutnya adalah bahan castillo dril. Bahan ini memiliki serat benang yang tebal, bertekstur halus, dapat menyerap keringat dengan baik dan tidak mudah kusut. Kain ini juga memiliki tekstur anyaman yang kuat jadi tidak mudah rusak. Bahan ini juga direkomendasikan untuk pembuatan jas almamater.

6.High Twist

Bahan ini terbuat dari benang polyester dan dibuat dengan mesin berteknologi tinggi. Kain ini memiliki permukaan yang rapi, mengkilap, dan tidak mudah kusut. Kain ini dibandrol dengan harga yang terjangkau. Kain ini juga direkomendasikan untuk pembuatan jas almamater.

Cara Merawat Jas Almamater Agar Awet

Perawatan jas almamater juga harus tepat. Jas yang perawatannya tepat akan lebih awet dan nyaman saat digunakan. Berikut beberapa tips cara merawat jas almamater yang benar.

1.Gunakan jas almamater seperlunya

2.Setelah menggunakan jas almamater usahakan jangan dilipat, lebih baik gantung jas almamater tersebut.

3.Cuci jas almamater jika memang sudah bau dan kotor. Karena jika sering dicuci akan membuat jas mudah rusak.

4.Jangan jemur jas almamater di bawah sinar matahari langsung .Hal ini akan mengurangi pemudaran warna jas dan menghindari jas yang terlihat kusam.

5.Setrika dengan suhu sedang.Usahakan menyetrika jas dengan suhu sedang, hal ini akan menghindari kerusakan warna. Dan menghindari jas yang tidak akan mengkilap.

6.Jangan lipat jas. Jas hanya perlu digantung dan tidak perlu dilipat. Ini akan mengurangi bekas lipatan pada jas.

Demikianlah pembahasan tentang jas almamater. Jas almamater terdiri dari beberapa bahan yang berbeda. Pemilihan harus tepat dan sesuai kebutuhan. Perawatan jas juga harus terjaga. Agar jas tetap awet dan nyaman digunakan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *