Mengetahui Tentang Seragam Sekolah

seragam-sekolah

Apa yang disebut dengan seragam sekolah? Seragam sekolah adalah pakaian yang digunakan saat sedang berada di sekolah. Biasanya setiap sekolah memiliki peraturan masing-masing salah satunya menggunakan seragam sekolah. Seragam sekolah sangat penting karena termasuk identitas jika masih sebagai warga sekolah.

Rekomendasi Kain Untuk Bahan Pembuatan Seragam.

Seragam akan nyaman digunakan jika material bahan yang dipilih nyaman. Dalam pemilihan juga banyak yang harus dipertimbangkan. Hal ini yang memicu agar para pengguna harus tau jenis-jenis bahan. Agar saat pemilihan bahan tidak ada kesalahan. Berikut beberapa jenis bahan pembuatan seragam sekolah. 

1.Katun Linen

Jenis bahan ini termasuk bahan katun. Namun bahan ini tidak terbuat dari serat kapas. Jenis kain ini memiliki beberapa keunggulan yaitu Seratnya lebih kuat dibanding bahan katun yang memakai serat kapas. Seragam ini juga mampu menyerap keringat dengan baik. Jadi tidak perlu bingung siswa akan merasakan panas saat memakai nya.

2.Drill

Bahan ini biasanya digunakan untuk bawahan seragam atau rok. Namun kain ini juga digunakan sebagai beberapa atasan seragam. Bahan drill memiliki kualitas dan kelembutan yang berbeda-beda. Karena bahan ini terbagi menjadi beberapa jenis. 

Bahan taipan drill adalah material kain yang direkomendasikan untuk pembuatan seragam. Walaupun cenderung mahal tetapi kain ini memiliki bebar-benar sangat lembut karena mempunyai serat katun yang sangat banyak. Jadi tidak heran jika bahan ini lebih halus dibanding kain drill lainnya.

3.Oxford

Kebanyakan para siswa memakai material kain ini. Kain ini sangat nyaman digunakan para siswa. Karena kain ini mempunyai serat-serat yang sangat kuat sehingga tidak mudah robek dalam penggunaannya. Bahan ini juga memiliki warna yang sangat beragam. Jadi tidak heran jika kain ini banyak diminati.

4.TC

Selain bahan oxford bahan TC ini juga banyak digunakan oleh beberapa siswa. Bahan ini memiliki beberapa pilih jenis yaitu, TC Nyonya, TC Dakron, TC Kijang. Namun dari beberapa jenis tersebut yang paling sering digunakan adalah TC Dakron.

Hal ini dikarenakan bahan TC dakron memiliki beberapa keunggulan dari bahan lainnya. Bahan ini sangat halus jadi akan membuat pengguna nyaman saat sedang memakainya. Bahan ini juga sangat adem jadi juga akan membuat pengguna tidak merasakan panas.

5.Plat

Bahan kain ini juga sering digunakan untuk pembuatan seragam. Bahan kain ini juga dibandrol dengan harga yang terjangkau. Jadi kain ini juga menjadi salah satu kain yang direkomendasikan untuk pembuatan seragam.

Tips Merawat Seragam Sekolah

Perawatan seragam sekolah juga sangat penting. Hal ini dilakukan agar seragam sekolah tetap awet. Berikut beberapa tips perawatan seragam sekolah.

1.Menggantung seragam

Baju seragam setelah digunakan sebaiknya digantung dan ditempatkan di ruangan yang terkena angin. Hal ini bertujuan agar mencegah kelembaban seragam dan muncul titik-titik hitam.

2.Mencuci baju

Jika baju sudah kotor segeralah untuk dicuci. Pakai sabun secukupnya dan bilas sampai hilang busa tersebut.

3.Menjemur baju

Menjemur baju usahakan tidak terkena sinar matahari langsung. Hal ini akan menghindari pemudaran dan kusamnya warna baju.

4.Menyetrika baju

Gunakan pada suhu sedang jika akan disetrika. Menyetrika baju dengan suhu tinggi akan membuat baju menjadi tipis.

Demikianlah pembahasan tentang seragam sekolah. Pemilihan bahan yang tepat adalah faktor utama kenyamanan saat menggunakan. Perawatan yang tepat adalah cara agar seragam sekolah tetap awet.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *