Tidak ada yang tahu kapan datangnya penyakit. Mungkin kemarin anda masih merasa sehat-sehat saja. Lalu hari ini malah jatuh sakit. Padahal pola hidup sehat selalu diutamakan dengan memakan makanan bergizi dan melakukan olahraga yang teratur.  Namun tetap saja, sakit tersebut datang menghampiri. Oleh sebab itulah, sebisa mungkin anda harus memperkecil risiko finansial jika tiba-tiba penyakit datang. Baik menghampiri anda sendiri atau orang yang anda kasihi. Dan upaya yang paling tepat adalah dengan mempunyai asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan menjadi salah satu jalan mudah untuk seseorang mengelola risiko finansial akibat penyakit. Tidak terkecuali untuk kalangan anak muda.

sumber : portal.axa.co.id

5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Indonesia Terbaik

Saat ini asuransi kesehatan bisa ditemukan dengan mudah. Sebab ada banyak perusahaan asuransi kesehatan menawarkan produk-produknya. Dan untuk memilih asuransi kesehatan sendiri memang bisa dikatakan gampang-gampang susah. Jika anda merasa kesulitan untuk mendapatkan asuransi kesehatan yang tepat dan sesuai kebutuhan. Maka beberapa tips memilih asuransi yang benar berikut ini bisa membantu anda tentunya.

  1. Memilih sesuai kebutuhan

Seringkali kita tidak menyadari kebutuhan mana yang tepat pada saat membeli sesuatu. Dan perlu diketahui dengan baik bahwa membeli produk asuransi sendiri tidak sama seperti membeli produk tangible (dapat disentuh, dilihat). Misalnya seperti membeli rumah, mobil, makanan, dan lainnya. Karena produk asuransi kesehatan sendiri termasuk ke dalam produk intangible (tidak bisa disentuh, dilihat). Namun efeknya sendiri bisa dirasakan untuk seumur hidup. Oleh karena itulah membuat pertimbangan awal secara matang sangat penting dan menentukan. Meskipun begitu, anda tetap bisa berhenti kapan saja dan menutup polis asuransi kesehatan tersebut. Tetapi hal tersebut tentunya akan membuat anda mengalami kerugian. Misalnya anda memiliki masalah dengan kesehatan jantung. Maka kamu harus memilih proteksi terhadap kesehatan jantung.

  1. Membuat anggaran khusus untuk asuransi

Tentunya polis asuransi ini membutuhkan biaya ketika pertama kali membelinya, sama seperti kita membeli barang-barang lainnya. Asuransi kesehatan ini bisa dimiliki oleh siapa saja, baik dari kalangan menengah maupun kalangan atas. Setiap bulannya pastinya anda memiliki rencana belanja tersendiri bukan? Nah dari hal ini anda bisa membuat anggaran khusus untuk asuransi kesehatan ini. Anda bisa mengalokasikan penghasilan sebesar 10 – 20%. Tentunya angka tersebut terbilang masih kecil dibandingkan untuk anggaran-anggaran yang lainnya bukan?

  1. Memastikan nilai pertanggungan yang sesuai

Ada baiknya sebelum anda membeli premi asuransi kesehatan, terlebih dahulu bisa memastikan nilai pertanggungan. Apakah sesuai dengan estimasi biaya pengobatan atau tidak. Jika sekiranya tidak sesuai, berarti ada yang salah dengan proses pembelian premi asuransi. Atau pilihan asuransi kesehatan yang tidak sesuai dengan kebutuhan kesehatan. Oleh sebab itulah terlebih dahulu membuat pertimbangan-pertimbangan yang matang sebelum membeli premi asuransi kesehatan. Agar nantinya saat sudah terbeli bisa sesuai dengan estimasi biaya pengobatan.

  1. Memperhatikan kredibilitas perusahaan

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan dengan baik ketika memilih asuransi kesehatan Indonesia adalah memperhatikan kredibilitas perusahaan asuransi kesehatan tersebut. Karena jika perusahaan asuransi kesehatan tersebut sudah memiliki kredibilitas yang baik. Maka anda bisa merasa nyaman bekerja sama dengan perusahaan tersebut saat membeli asuransi kesehatan. Anda harus memastikan dengan baik bahwa perusahaan asuransi tersebut sudah terdaftar secara resmi di AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia). Setiap perusahaan asuransi yang telah memiliki lisensi penuh atau bersifat sementara pastinya sudah mempunyai Kartu AAJI. Oleh sebab itulah tidak ada salahnya jika anda menanyakan keanggotaan jika sebuah perusahaan asuransi menawarkan produknya. Hal ini juga dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Juga hal ini akan membantu klaim atau mengurus administrasi dan hal lainnya.

  1. Meskipun masih muda sebaiknya miliki asuransi

Seperti yang sudah dikatakan, bahwa penyakit bisa datang kapan saja tanpa diduga-duga. Dan asuransi kesehatan ini pun tidak hanya berlaku bagi para orang tua atau lansia saja. Namun untuk anda yang masih muda pun sebenarnya membutuhkan asuransi kesehatan ini. Kenapa? Hal ini dikarenakan kondisi masih sehat dan mampu. Saat masih sehat saja sudah memiliki asuransi kesehatan sebagai jaminan. Juga tentunya hal ini akan membuat anda menjadi lebih bersyukur karena sudah memiliki asuransi kesehatan sejak usia masih muda. Oleh sebab itulah ada baiknya jika anda mempertimbangkan dengan baik untuk memiliki asuransi kesehatan.

Nah itulah beberapa tips memilih asuransi kesehatan yang baik dan benar. Dengan memanfaatkan beberapa tips diatas maka anda tidak akan kesulitan untuk memilih perusahaan asuransi mana yang akan diajak kerja sama. Dan salah satu perusahaan asuransi kesehatan yang paling tepat untuk anda adalah Axa Direct. Karena Axa Direct akan memberikan solusi asuransi terbaik dengan jaringan terluas di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *