TIPS MEMBUAT DESAIN LOGO SESUAI KARAKTER BRAND


Desain logo pada sebuah brand memiliki keterkaitan erat dengan ingatan seseorang. Pertama kali seseorang melihat merek yang bisa dikatakan baru. Mereka akan lebih dulu melihat seperti apa logo dari merek tersebut. Setelah logo tertanam diingatan, barulah nama merek yang diingat. Bahkan banyak orang yang lebih mengingat logo dibandingkan nama merek. Jika anda teman anda yang bertanya mengenai logo kakek-kakek berjanggut dengan warna merah putih. Pasti yang terpikirkan oleh anda adalah merek ayam KFC bukan? Nah, sedahysat itulah logo untuk sebuah brand atau merek. Jadi untuk anda yang baru merintis sebuah usaha. Akan ada baiknya jika membuat logo yang mudah diingat oleh banyak orang.

6 Tips Membuat Desain Logo Menarik Dan Mudah Diingat

Keberadaan logo dalam dunia bisnis layaknya wajah yang mewakili usaha tersebut. Mulai dari toko online, perusahaan spare part kendaraan, usaha makanan dan lainnya pun membutuhkan logo. Dalam pembuatannya desain logo tidak bisa begitu saja dibuat. Karena membuat logo yang menarik tentunya membutuhkan tingkat kreativitas tinggi. Seringkali pemilik usaha dan designer grafis memerlukan waktu cukup lama untuk menyelesaikan ide logo ini.
Sebelum anda membuat desain logo untuk brand usaha. Ada baiknya jika mengetahui beberapa hal berikut.

1. Mencari referensi logo

Untuk mendapatkan referensi mengenai desain logo ini pun bukan perkara sulit di zaman yang serba digital ini. Anda bisa mendapatkan banyak referensi dari media internet. Harus dipahami dengan baik terlebih dahulu bahwa anda mencari referensi bukan untuk menjiplak. Melainkan untuk mendapatkan inspirasi mengenai logo seperti apa yang akan dibuat. Dengan melihat banyak ide desain logo ini, maka anda bisa membuat perbandingan mengenai logo seperti apa yang akan dibuat.

2. Memahami visi dari usaha itu sendiri

Kemudian anda juga harus mengetahui visi dari usaha itu sendiri. Karena diketahui dengan baik bahwa setiap usaha atau bisnis pastinya mempunyai latar belakang yang berbeda-beda. Untuk memudahkan dalam pembuatan logo. Akan lebih baik jika anda mengetahui dengan baik seperti apa visi dan misi usaha tersebut. Sehingga, nantinya logo yang dibuat akan menunjukkan identitas dari brand tersebut.

3. Membuat sketsa kasar

Sebelum anda meminta designer grafis untuk membuatkan logo usaha atau brand. Akan lebih baik jika anda membuat sketsa kasarnya terlebih dahulu. Dengan membuat sketsa kasar akan membantu anda mengeksplorasi desain tersebut terlebih dahulu. Juga membuat anda memiliki gambaran mengenai bentuk logo mana yang paling untuk dikembangkan bersama designer grafis.

4. Pertimbangkan warna yang dipilih

Selain itu dari segi pemilihan warna logo juga perlu dipertimbangkan dengan baik terlebih dahulu. Anda harus memahami dengan baik warna apa yang cocok untuk logo brand usaha tersebut. Apakah cocok dengan warna mencolok atau cukup menggunakan warna kalem saja. Perlu diketahui bahwa pemilihan warna untuk logo ini akan memengaruhi ingatan setiap orang. Oleh karena itulah pastikan untuk memilih warna yang sekiranya mudah diingat oleh orang lain.

5. Font yang dipilih

Dari segi pemilihan font juga penting untuk dipertimbangkan dengan baik terlebih dahulu sebelum membuat desain logo. Jika anda memilih font yang terlalu kecil dan rumit, hal ini tentunya akan membuat orang lain kesulitan membaca. Ada baiknya jika anda bisa memilih font tidak rumit, jadi anak kecil pun bisa membacanya. Juga usahakan untuk memilih ukuran yang tidak terlalu kecil tetapi juga tidak terlalu besar.

6. Sederhana

Sebenarnya, logo terkadang tidak harus menampilkan nama merek atau slogan. Namun bisa berupa gambar saja. Misalnya logo Twitter yang bentuknya gambar burung, atau logo Apple yang tergigit di sisi kanannya. Oleh karena itulah, anda tidak perlu membuat desain logo yang rumit. Cukup dengan logo sederhana namun bisa merepresentasikan merek atau brand usaha anda.

Demikianlah beberapa tips yang bisa dimanfaatkan untuk membuat desain logo sesuai karakter brand. Sekarang ini membuat logo bukan lagi hal sulit bagi pemilik usaha. Karena sudah banyak jasa desain logo dan situs freelancer yang siap membantu.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *