Categories
Uncategorized

TATA CARA AQIQAH YANG SESUAI SUNAH

Tentunya kelahiran sang buah hati membawa kebahagiaan bukan. Sembilan bulan di dalam kandungan, akhirnya anda bisa bertemu dengan sang buah hati sambil memeluknya. Jauh hari sebelum hari lahir sang buah hati tiba. Ada baiknya jika anda mempersiapkan budget. Bukan hanya biaya untuk kelahiran dan segala perlengkapan sang buah hati saja. Melainkan juga membutuhkan budget untuk melakukan Aqiqah. Aqiqah bisa diartikan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas kelahiran sang buah hati. Rasa syukur ini diwujudkan dengan memotong hewan Aqiqah berupa kambing dan dibagikan kepada saudara, tetangga dan mereka yang membutuhkan. Aqiqah ini sangat identik dengan pemotongan hewan Aqiqah. Namun apakah anda sudah tahu bahwa untuk melakukan Aqiqah ini sudah semakin mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Karena budget yang dibutuhkan untuk melakukan Aqiqah juga tidak bisa dibilang sedikit. Jadi pastikan untuk memilih jasa Aqiqah yang terpercaya. Karena jasa Aqiqah yang handal dan juga terpercaya itulah yang nantinya akan membuat acara Aqiqah buah hati anda berjalan dengan lancar.

jasa Aqiqah

Inilah Beberapa Tata Cara Aqiqah Yang Sesuai Dengan Sunah Aqiqah

Acara Aqiqah memang menjadi acara keagamaan yang memiliki kaidah tertentu. Yang pastinya harus dilaksanakan sesuai dengan hukum islam. Meskipun jumlah hewan yang dikurbankan berbeda untuk seorang anak laki-laki dan juga perempuan. Maka dibawah ini akan kami jelaskan beberapa tata cara Aqiqah yang sesuai dengan sunah.

  • Menyembelih hewan Aqiqah

Perlu anda ketahui bahwa untuk anak perempuan perlu disiapkan satu ekor kambing. Sedangkan untuk anak laki-laki dibutuhkan 2 ekor kambing. Untuk syarat kambing yang akan disembelih. Baik itu untuk anak laki-laki maupun anak perempuan harus kambing yang berkualitas dari segi usia maupun jenis kambing tersebut. Hewan Aqiqah yang digunakan harus sehat dan pastinya bebas dari penyakit dan bahkan tidak cacat fisik. Tentu saja anda perlu mempertimbangkan hal ini sebelum melakukan acara Aqiqah.

  • Memasak daging Aqiqah

Perlu juga diperhatikan cara memasak daging sembelihan. Ada yang mengatakan bahwa sebaiknya daging tersebut dimasak terlebih dahulu sebelum dibagikan. Ada juga yang mengatakan bahwa untuk membagikan daging Aqiqah layaknya membagikan daging kurban. Sehingga tidak perlu dimasak terlebih dahulu. Akan tetapi saat ini banyak yang lebih memilih memasak terlebih dahulu baru bisa dibagikan.

  • Memakan sebagian daging Aqiqah

Apakah anda sudah tahu bahwa daging Aqiqah tidak boleh seluruhnya dibagikan. Akan tetapi hanya bisa dibagikan sebagian saja. Sebagian lainnya harus dimakan oleh pihak keluarga. Kaidah ini memang hampir sama dengan kaidah yang dilakukan saat melakukan kurban.

  • Memberikan nama bayi dan mencukur rambut saat acara Aqiqah

Tata cara Aqiqah yang selanjutnya adalah memberikan nama dan mencukur rambut sang buah hati. Nama yang diberikan pada anak akan mencerminkan akhlak dan juga imannya. Jadi pilihlah nama terbaik untuk sang buah hati. Untuk hukum mencukur rambut sendiri banyak ulama yang berpendapat bahwa hal ini hukumnya sunah.

  • Memberikan doa Aqiqah pada anak

Membacakan doa Aqiqah kepada buah hati saat Aqiqah memang harus dilakukan. namun anda harus tahu bahwa ada tata cara yang harus anda ketahui.

aqiqahkambing.com

Nah, itulah beberapa informasi penting mengenai tata cara Aqiqah yang sesuai dengan sunah. Memang benar kita tidak boleh asal dan sembarangan dalam melakukan Aqiqah. Jadi setidaknya beberapa informasi diatas bisa membantu anda mengetahui tata cara Aqiqah yang sesuai dengan sunah.