Tentunya sudah diketahui bersama bahwa media internet tidak hanya untuk bertukar informasi saja. Namun juga bisa dimanfaatkan oleh banyak orang untuk transaksi jual beli, sampai menyimpan rupiah hasil kerja keras di dalamnya. Oleh sebab itulah setiap pemakai internet pastinya menginginkan jaminan keamanan mengenai data-data penting atau informasi penting lainnya. Terlebih lagi sekarang ini ada orang-orang yang paham IT namun menyalahgunakan ilmu dan membahayakan orang lain. Sebutlah hacker. Oleh sebab itulah sebuah website ini membutuhkan fitur keamanan. Fitur keamanan untuk website ini sering disebut dengan SSL. Untuk anda yang belum paham mengenai SSL. Maka sedikit informasi mengenai SSL ini bisa berguna untuk anda.

SSL atau Security Sockets Layer adalah sebuah protokol keamanan jaringan. Yang mana dipakai untuk melindungi segala jenis transaksi pada sebuah website. Dimana SSL ini menggunakan teknologi enkripsi data yang sudah canggih. Untuk website yang memakai SSL, maka alamat domain tidak lagi HTTP melainkan HTTPS dan akan muncul tanda padlock (gmebok) pada address bar browser. Jika diklik maka bisa mengetahui jenis SLL, teknologi enkripsi yang dipakai dan pemilik identitas pemilik website. Sebelum membuat koneksi SSL, web server harus mempunyai sertifikat SSL terlebih dahulu.

Sebagian dari anda mungkin akan bertanya-tanya. Sebegitu pentingkah SSL untuk sebuah website sampai-sampai Google mengharuskan website untuk mempunyai sertifikat SSL. Berikut beberapa alasannya untuk anda ketahui.

  1. Perlindungan informasi personal

Banyaknya layanan e-commerce dan internet banking sekarang ini. Tentunya anda harus memasukkan informasi personal ke berbagai website guna melakukan transaksi. Hal ini tentunya bisa berisiko, sebab jika website yang anda kunjungi tidak aman. Maka ada orang yang bisa saja mencuri atau memanipulasi data anda tersebut. SSL sendiri adalah protokol yang bisa menjamin keamanan pengiriman informasi secara online. Dengan memberikan perintah kepada browser dan server, SLL akan menyediakan channel aman. Sehingga pengunjung yang telah memasukkan email, password, dan data pribadi lainnya tidak perlu takut jika data tersebut bisa jatuh ke tangan orang lain. Oleh sebab itulah SSL ini sangat penting untuk website, terlebih untuk toko online.

  1. Membuat website lebih dipercaya

Apabila website merupakan salah satu kunci kesuksesan dari brand dan ingin supaya brand tersebut tetap dianggap serius. Maka SSL bisa membantu. Sebab semua vendor browser telah bekerja keras memastikan jika pengguna bisa menggunakan internet dengan aman. Salah satunya seperti Google Chrome akan memberikan peringatan “Your connection is not private”. Jika pengguna internet mengakses website yang tidak mempunyai SSL. Saat ini peringatan hanya bisa ditampilkan saat website meminta pengunjung memberikan informasi seperti detail bank, kata sandi dan lainnya. Tetapi mengingat Google sudah memberikan posisi lebih tinggi ke website yang aman.

  1. SEO website

Salah satu poin ini sepertinya tidak banyak diketahui. Faktor yang memengaruhi SEO sebuah website pada halaman pencarian memang ada banyak. Dan ada banyak yang harus dilakukan saat melakukan optimasi, salah satunya adalah dengan memasang SSL. Seperti diketahui sendiri, bahwa Google mengutamakan website yang sudah memiliki sertifikasi SSL. Sehingga nantinya bisa mendapatkan traffic yang lebih banyak. Semakin banyak traffic yang didapatkan, maka membuat peringkat pencarian website anda semakin meningkat tentunya. Oleh sebab itulah menggunakan SSL pada website menjadi langkah awal yang cukup efektif.

  1. Mengatasi iklan yang dimasukkan ISP

ISP atau Internet Service Provider banyak yang menyisipkan iklan ketika akan membuka sebuah website. Dan mungkin anda pernah mengalami atau mungkin sering. Apabila anda mempunyai website, maka iklan-iklan seperti ini akan merugikan anda. Dan cara untuk menghentikan iklan-iklan tersebut adalah dengan memasang sertifikasi SSL dan mengganti protocol menjadi HTTPS.

Jenis-Jenis SSL Indonesia Yang Perlu Diketahui

Untuk setiap pengguna website dan blog adalah sebuah keharusan untuk mengamankannya. Dan salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan menggunakan SSL. Apalagi untuk anda yang memiliki hobi mengakses email dengan memanfaatkan koneksi internet tidak aman seperti Wi-Fi. Atau jaringan tidak ter-enkripsi tentunya sangat rawan untuk dibajak. Berikut ini ada beberapa jenis SSL yang perlu diketahui terlebih dahulu.

  • Shared SSL Certificate

Merupakan SSL secara gratis untuk beberapa webhosting. Karena termasuk jenis sertifikat bersama, tentu tidak dikhususkan untuk website anda. Sehingga anda nantinya tidak bisa menggunakan nama domain sendiri tetapi menggunakan nama domain Shared Certificates yang dipakai.

  • Domain Validated SSL Certificate

SSL jenis ini sering dipakai untuk memvalidasi status kepemilikan domain pemakai internet. Sehingga tidak heran jika populer di kalangan blogger. Tetapi ada yang harus diperhatikan dengan baik yakni data harus sesuai dengan data domain dari WHOIS. Dengan begitu keamanan para pengunjung semakin terjamin. Sertifikat ini bisa dipakai oleh siapa pun yang ingin website terlihat benefit dan professional. Dari segi harga terbilang terjangkau dengan set up mudah. Apalagi jika memanfaatkan hosting di IDCloud Host, urusan akan lebih dipermudah karena SSL/TLS manager di cPanel user.

  • Organization Validation SSL Certificate

Sering disingkat OV dan sering dipakai untuk verifikasi organisasi atau badan usaha dari domain yang sertifikatnya diajukan. Segala bentuk dokumen legalitas yang dibutuhkan harus tersedia dalam format scan asli dan wajib terdaftar di badan hukum supaya prosesnya cepat. Untuk perusahaan bentuk CV atau perorangan dan hanya berbekal SIUP/SITU, tentu belum cukup. Biasanya SSL ini sering dijumpai pada E-Commerce dan E-Business sebagai jaminan keamanan.

  • Extended Validation SSL Certificate

Sedangkan untuk SSL ini sering disingkat menjadi Ev. Dimana dipakai untuk mengedepankan keamanan dan kepercayaan atas suatu perusahaan. Salah satu ciri website memiliki EV adalah pada Address Bar berwarna hijau. Site Seal atau logo pun semakin melengkapi website tersebut. Nantinya akan ada link yang mengarahkan pengunjung menuju halaman yang berisikan validasi perusahaan serta menjelaskan bahwa keamanan perusahaan tersebut terjamin.

  • Multi Domain SSL Certificate

Dan SSL terakhir adalah Multi Domain SSL Certificate. Dimana ada elemen Multi Domain yang hanya dengan satu sertifikat, maka sudah mencakup banyak domain. Sebagai contoh, SSL Multi Domain Comodo Positive bisa untuk 100 domain. Secara default, 3 domain diperkenankan, sedangkan 97 domain (Domain Addons) membutuhkan biaya tambahan. Namun jumlah maksimal domain ini tentunya tergantung penerbit. Dimana beberapa diantaranya secara default dan yang lainnya bisa ditambahkan.

Demikianlah beberapa manfaat SSL dan jenis-jenisnya yang perlu diketahui dengan baik. Jika anda membutuhkan SSL murah, maka GudangSSL menjadi pilihan paling tepat. Karena GudangSSL merupakan penyedia SSL Certificate terlengkap dengan harga terjangkau. Dimana anda bisa memilih pembayaran yang mudah dan aman. Dengan begitu anda bisa mendapatkan website yang terpercaya dan aman!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *