Jika mungkin dulunya kota Yogyakarta masuk ke dalam urutan nomor kesekian dari kota yang akan dikunjungi. Berbeda dengan sekarang ini. Pastinya kota Yogyakarta menjadi urutan teratas list kota yang akan pertama kali dikunjungi. Apalagi setelah banyak artis Ibu Kota sampai mantan Presiden Amerika Barack Obama bertkamung. Tentunya kota Yogyakarta ini semakin melejit di mata para traveler lokal maupun internasional. Terlebih, baru-baru ada sejumlah member Boyband asal Korea Selatan yang bertkamung ke Yogyakarta. Banyak wisatawan yang datang ke Yogyakarta karena keindahan tempat wisatanya. Mulai dari Goa Jomblang, Gumuk Pasir, Pantai Parangtritis, Hutan Pinus Dlingo, dan masih banyak lainnya.

Selain terkenal karena tempat wisatanya. Kota Yogyakarta ini juga terkenal dengan kuliner malamnya yang tetap menggoda meskipun hari sudah larut. Bisa dikatakan kota Yogyakarta ini merupakan salah satu kota yang tidak pernah tidur. Sehingga orang-orang yang berkunjung ke Yogyakarta dan merasa lapar pada malam hari tidak akan kebingungan mencari tempat makan.

Serunya Berburu Kuliner Malam Jogja

Kuliner malam memang memiliki daya tarik tersendiri untuk dicoba, apalagi kuliner malam Jogja. Untuk beberapa orang berburu kuliner di malam hari bukan sekadar mengisi perut yang kosong saja. Tetapi juga memiliki makna tersendiri. Namun ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan terlebih dahulu sebelum berburu kuliner malam ini. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pintar dalam memilih makanan

Hampir semua kuliner malam Jogja memang menggugah selera dan ingin menikmatinya sekaligus. Apalagi jika perut benar-benar dalam kondisi kosong alias lapar, pastinya ingin melahap segala macam makanan yang sudah dipesan. Namun ada satu hal yang perlu diingat dengan baik, yakni selalu pintar dalam memilih makanan. Terlebih jika kamu memiliki masalah dengan perut. Sebaiknya sedikit menghindari makanan yang memiliki citarasa pedas, berlemak dan asam yang berlebihan. Memang makanan tersebut sangat nikmat untuk disantap, namun hal tersebut bisa berimbas pada perut kamu nantinya. Jangan sampai ketika berburu kuliner saat malam hari malah membuat perut kurang nyaman.

  1. Mengatur porsi makan

Rasa lapar memang tidak bisa ditahan, namun bukan berarti kamu bisa seenaknya memakan semua sajian yang ada didepan mata. Akan lebih baik jika mengatur porsi makan sewajarnya, apalagi jika perut dalam keadaan kosong. Karena jika langsung dipenuhi sekaligus, maka perut akan kaget. Dan hal ini akan membuat acara berburu kuliner malam Jogja menjadi kurang nyaman tentunya. Sebaiknya menghindari makan yang terlalu banyak sampai perut penuh. Juga sebaiknya menghindari kafein atau soda jika memiliki masalah dengan perut.

  1. Makan bersama-sama

Berburu kuliner malam Jogja akan lebih lengkap jika bersama rombongan, orang terkasih atau keluarga. Karena dengan begitu setiap makanan yang disajikan akan semakin terasa nikmat dan lebih berkesan tentunya. Oleh karena itulah sebaiknya berburu kuliner yang belum pernah dicoba dan mencari tempat dengan luas. Lain hal dengan ketika kamu menyantap makanan sendiri, tentu akan terasa ada yang kosong dan perlu diisi.

Berikut ini beberapa tempat kuliner malam Jogja yang cocok dinikmati bersama dengan teman atau keluarga.

  1. Gudeg Pawon

Salah satu kuliner kota Yogyakarta yang menjadi ciri khas adalah gudeg. Siapa sangka jika buah nangka yang dipkamung sebelah mata ini bisa menjadi makanan ternikmat dan dikenal luas banyak orang. Gudeg Pawon ini berlokasi di Jalan Janturan 36 – 38 Warungboto buka dari 11 malam – 1 pagi. Gudeg yang disajikan ini dilengkapi dengan sambal krecek dan potongan daging ayam kampung. Bisa membayangkan bagaimana sensasi gurih dan nikmatnya ketika disantap bukan?

2. The House of Raminten

Terletak di Jalan FM Noto No. 7 Kotabaru Yogyakarta, tempat ini menyajikan bermacam aneka kuliner malam Jogja yang menggugah selera. Mulai dari Nasi Kucing istimewa, Ceker ayam, Mendoan Sate Telur Puyuh, Susu Pawon Kebumen dan masih banyak lainnya. The House of Raminten ini mengusung konsep yang kekinian dan lebih modern. Sehingga banyak anak muda menggunakan tempat ini untuk nongkrong bareng. Kedai kuliner ini sendiri buka 24 jam, cocok untuk kamu yang pemburu kuliner malam Jogja.

3. Angkringan Lik Man

Selain gudeg, kota pelajar ini juga terkenal dengan angkringan yang tersebar di hampir seluruh penjuru kota Yogyakarta ini. Salah satu angkringan yang paling terkenal adalah Angkringan Lik Man di Jalan Wongsodirjan. Angkringan ini muncul pertama kali sekitar tahun 50-an dan merupakan angkringan turun temurun sampai sekarang ini. Tidak heran jika banyak wisatawan lokal dan internasional yang berkunjung untuk menikmati sajian dari angkringan ini. Ada banyak menu tradisional yang khas dengan harga terjangkau. Cita rasa yang diberikan oleh angkringan ini pun juara, terbukti karena sampai sekarang ini masih berdiri.

4. Mie Ayam Grabyas Red Door

Sesuai dengan namanya, kedai ini memang menyajikan menu mi ayam. Mulai dari mi ayam bakso, mi ayam pangsit atau mi ayam komplit. Meskipun letaknya di emperan toko, kedai lesehan ini buka mulai pukul 12 malam sampai 2 pagi. Cocok untuk anda yang tiba-tiba lapar dan ingin menyantap makanan hangat dan sedang berada di sekitar Jalan Malioboro. Dan meskipun memang kelihatannya sederhana, namun mi ayam yang disajikan oleh kedai ini memiliki cita rasa nikmat. Dimana banyak disukai oleh pengunjung yang ingin berburu kuliner malam Jogja. Untuk harga mi ayam per porsi pun terjangkau dan tidak akan membuat anggaran cepat membengkak.

5. Oseng Mercon Bu Narti

Penyuka kuliner malam Jogja dengan cita rasa pedas? Maka kuliner ini patut untuk dicoba dan jangan sampai dilewatkan. Rasa pedas yang di cecap lidah ini akan membuat ketagihan. Oseng Mercon Bu Narti ini terletak di KH Ahmad Dahlan, buka mulai pukul 5 sore sampai 2 pagi. Oseng Mercon Bu Narti ini pun banyak varian mulai dari kikir, tulang dada, gajih, dan kulit. Jika ada teman atau kerabat yang tidak suka makanan pedas, tempat ini pun menyediakan menu lainnya. Untuk harganya pun terjangkau, sehingga kamu bersama rombongan tidak perlu mengeluarkan kocek dalam dan bisa makan sepuasnya.

Berburu Kuliner Malam Jogja Yang Bikin Ketagihan

Berbicara mengenai kuliner malam Jogja memang tidak akan pernah habisnya. Banyak tempat-tempat yang asyik dan bikin ketagihan untuk selalu dikunjungi setiap saat.  Dimana setiap kuliner malam yang ada di Yogyakarta ini sanggup untuk memuaskan rasa penasaran dan rasa lapar kamu. Dua atau tiga hari rasanya kurang puas untuk bisa menikmati segala kuliner malam yang ada di Yogyakarta ini. Oleh sebab itulah pastikan dengan baik berapa lama kamu akan singgah di kota sejuta pesona ini.

Jadi, jangan ragu untuk mencicipi semua kuliner malam Jogja saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *