KETAHUI BEBERAPA HAL BERIKUT INI SEBELUM PASANG BEHEL GIGI

Saat ini siapa yang tidak mengenal kawat gigi atau behel gigi? Behel atau kawat gigi ini dipakai untuk merapikan gigi dan memperbaiki lengkung rahang. Juga membantu memperbaiki fungsi gigi sebagai pengunyah makanan. Dengan gigi yang lebih rapi tentunya membuat orang ketika tersenyum menjadi lebih percaya diri. Tingkat kepercayaan diri yang tinggi ini juga akan meningkatkan daya tarik seseorang. Oleh sebab itulah tidak sedikit orang yang rela memasang behel gigi untuk mendapatkan tampilan yang lebih menarik dan lebih menyehatkan tentunya.

Sebelum Pasang Behel Gigi Ketahui Hal Ini

Sebelum anda memutuskan untuk memasang behel gigi atau kawat gigi. Ada beberapa hal penting yang harus diketahui terlebih dahulu. Diantaranya sebagai berikut ini.

  1. Tujuan memasang behel gigi

Meskipun kebanyakan orang yang memakai kawat gigi ini dengan alasan penampilan. Namun fungsi dari kawat gigi atau behel gigi ini tidak hanya sebatas untuk penampilan saja. Karena dengan menggunakan kawat gigi membantu meningkatkan kesehatan gigi. Sebab susunan gigi yang tidak rata memiliki risiko besar sebagai tempat menumpuknya plak dan sisa makanan yang membuat penyakit gigi serta mulut. Oleh sebab itulah anda harus mengetahui dengan baik tujuan dari pemasangan kawat gigi ini untuk apa.

  1. Macam-macam behel gigi

Untuk behel gigi ini pun tersedia ke dalam beberapa macam kebutuhan dan selera si pemakainya. Berikut ini beberapa macam behel yang sering dipakai.

  • Lepasan

Jenis behel ini tidak dipasang secara permanen dan mudah dilepas pasang. Untuk behel gigi ini menggunakan bahan metal dan hanya dipakai untuk kasus yang ringan saja. Behel lepas pasang ini tentunya sesuai rekomendasi dokter gigi. Bukan behel gigi lepas pasang yang mudah ditemukan dan dipasang sendiri.

  • Cekat

Untuk behel ini terpasang secara tetap di gigi selama masa perawatan sedang berlangsung. Dan bisa dipakai untuk kasus ringan sampai sulit. Jenis behel ini bisa terbuat dari beberapa bahan. Yakni dari metal, ceramic sampai sapphire.

  • Metal

Terbuat dari bahan metal dan paling umum dipakai. Untuk jenis bahan ini dipakai pada kasusu ringan sampai sulit dan bisa dikombinasikan dengan karet elastis bervariasi warna. Sehingga bisa lebih menarik. Kelebihan dari behel ini adalah harganya terjangkau. Namun untuk pemasangan behel macam ini membutuhkan kontrol rutin. Karena perlu mengganti karet seiring dengan karet yang kehilangan keelastisan-nya serta tekanan gigi berkurang.

  • Transparan

Jenis behel gigi ini memakai bahan ceramic atau sapphire transparan (sewarna gigi). Behel ini dipakai oleh pasien yang tidak ingin terlalu kelihatan jika sedang memakai behel gigi. Sayangnya behel ini kekuatannya dibawah behel metal. Sehingga tidak efektif jika digunakan untuk kasus yang berat.

  • Damon

Adalah behel yang menggunakan teknologi baru dan berbeda dengan behel konvensional. Jenis behel ini dikenal sebagai behel self-ligating. Untuk anda yang ingin memasang behel tanpa mencabut gigi, maka bisa mempertimbangkan memasang behel ini. Sebab behel ini tidak perlu cabut gigi. Akan tetapi tergantung dari kasus yang dihadapi dan hasil yang diinginkan.

  • Lingual

Pengguna behel jenis ini tidak akan terlihat jika sedang memakai behel. Sebab behel ini dipasang pada bagian belakang gigi. Dan karena pemasangan behel ini tergolong sulit, tidak heran jika harga pasang behel ini tinggi.

  • Aligner

Jika behel permanen memakai alat seperti bracket, kawat lengkung, molar band, karet elastis, dan lainnya. Lain hal dengan behel aligner ini. Dimana behel ini tidak menggunakan alat tersebut karena menggunakan tray denan bahan thermoplastic. Yang mana disesuaikan dengan bentuk gigi.

  1. Usia yang tepat untuk memasang behel gigi

Ketika akan memasang kawat gigi sebaiknya dilakukan saat gigi permanen sudah tumbuh, yakni usia 8 – 14 tahun. Pemeriksaan bisa dilakukan pada usia 7 tahun, sehingga bisa memperkirakan apakah akan terjadi masalah susunan gigi atau tidak. Memasang kawat gigi saat usia muda akan lebih efektif karena tulang wajah juga masih berkembang. Saat usia dewasa pun tetap bisa memasang kawat gigi, namun harus memperhatikan jangka waktu pemakaiannya. Sebab orang dewasa membutuhkan waktu perawatan lebih lama karena tulang wajah tidak lagi bisa berkembang. Dan masalah usia menjadi lebih kompleks.

  1. Tahapan merawat behel gigi

Demi mendapatkan hasil perawatan maksimal. Maka anda harus mengikuti tahapan perawatan berikut ini.

  • Pemeriksaan awal

Pada pemeriksaan awal, anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi dan mendiskusikan hasil treatment yang diinginkan. Dokter gigi nantinya akan memberikan surat pengantar untuk melakukan rontgen untuk mengetahui kondisi gigi.

  • Pemasangan behel gigi

Jika dokter gigi sudah mempelajari kasus yang dihadapi dan pasien setuju rencana perawatan serta hasilnya. Maka pemasangan behel pun akan dilakukan. Untuk proses pemasangan behel ini biasanya memakan waktu sekitar 1 – 2 jam tergantung tingkat kesulitan. Terkadang pemasangan kawat gigi ini bisa dilakukan bertahap untuk membantu adaptasi pasien pada benda asing yang ada di dalam mulut.

  • Kontrol rutin

Selama masa perawatan diwajibkan untuk melakukan kontrol rutin dengan dokter gigi yang merawat. Untuk frekuensi kontrol ini bisa berbeda-beda tergantung jenis behel yang dipakai. Untuk pemakaian behel metal atau ceramic bisa melakukan kontrol rutin setiap 3 – 4 minggu sekali. Sedangkan untuk pasien behel damon bisa kontrol minimal 4 – 8 minggu sekali.

  • Paska perawatan

Setelah tercapai hasil yang diinginkan, maka dokter gigi akan melepas behel gigi dan melakukan pembersihan secara menyeluruh. Dan dokter gigi akan melakukan pencetakan kembali pada gigi. Jika perawatan selesai, pasien diwajibkan memakai retainer untuk mencegah kembalinya susunan gigi ke bentuk selama. Masa pemakaian retainer biasanya 2 kali masa perawatan. Tetapi bisa berbeda-beda tergantung dari kondisi gigi.

  1. Kondisi gigi

Selanjutnya anda juga harus mengetahui kondisi gigi yang seperti apa. Sebab kondisi gigi ini akan berpengaruh pada pemilihan begel yang akan dipasang nantinya. Misalnya untuk gigi bercelah bisa menggunakan behel metal, transparan, damon metal, atau damon transparan.

  1. Harga pasang behel gigi

Apabila anda memasang kawat gigi atau behel gigi 10 tahun yang lalu, maka biaya pasangnya bisa mencapai puluhan juta. Namun saat ini biaya untuk memasang behel ini menjadi lebih terjangkau. Namun pastikan untuk memilih dokter gigi yang tepat dan sudah berpengalaman. Dengan begitu anda tidak hanya mendapatkan harga terjangkau tetapi juga hasil sesuai keinginan.

Nah itulah beberapa hal yang harus diketahui terlebih dahulu sebelum memasang kawat atau behel gigi. Bagi anda yang ingin memasang kawat gigi atau behel gigi. Maka pilihan tepat jika memilih doktergigi.id, karena kami sudah berpengalaman dan terpercaya. Sudah banyak pasien yang mempercayakan pemasangan behel gigi atau kawat gigi ke tempat kami.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *