Categories
Uncategorized

Kenali Terlebih Dahulu Jenis Aki Mobil Berdasarkan Tipenya

Air Aki GroupMemilih aki mobil yang terbaik memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum memilih merek dan juga jenis aki terbaik yang berkualitas. Aki atau baterai merupakan komponen yang penting bagi sebuah mobil. Tanpa adanya aki kemungkinan besar mobil tersebut akan mengalami kerusakan pada electronic Control Unit Atau ECU. Mengapa demikian? Tentu saja karena hakikatnya aki atau baterai mobil merupakan komponen yang mendukung sistem kelistrikan di mobil. Apabila kondisi aki mobil lemah, berbagai komponen mobil yang dialiri daya listrik nantinya akan terganggu. Misalnya saja dengan suara klakson, lampu dan starter maupun menyalakan mobil juga jadi sulit. Maka dari itu, penting untuk anda merawat aki dan memilih aki mobil yang berkualitas terbaik. Ini dilakukan agar tidak menyusahkan di lain waktu. Sama halnya dengan manusia, aki juga memiliki usia yang perlu anda perhatikan. Usianya bergantung dengan penggunaan kendaraan. Jika anda sering membawa kendaraan untuk bepergian jauh dengan kecepatan di bawah 80 km/jam. Maka usia aki mobil bisa lebih lama. Namun sebelumnya, apakah anda sudah tahu jenis aki itu apa saja? Anda bisa membaca dulu penjelasan di bawah ini.

Yuk Kenali Dulu Jenis-Jenis Aki Berdasarkan Tipenya

Setelah anda mengenai apa itu aki, maka saatnya anda mengetahui jenis-jenis aki mobil terbaik sesuai dengan tipenya. Jika di kendaraan roda dua, jenis aki tersebut hanya ada dua yaitu aki kering dan juga aki basah. Beda halnya dengan aki yang ada pada mobil tersebut. Jenis dari aki mobil ada 5, itu semua berdasarkan tipenya masing-masing. Nah, dibawah ini ada berbagai penjelasan untuk anda mengenai jenis-jenis aki sesuai dengan tipenya.

  • Aki basah

Di dalamnya terdapat cairan elektrolit maupun cairan asam sulfat. Kandungan air dalam aki ini timah antimony yang memiliki fungsi sebagai penguat timbal untuk aki. Kekurangannya mudah menguap, jadi membuat air aki juga lebih cepat habis. Sehingga anda harus memeriksa air aki jenis ini jangan sampai kosong.

  • Aki kering

Cairan yang ada di aki kering yaitu cairan elektrolit yang mengandung timah kalsium. Tentu saja kandungan timah kalsium tersebut relatif lebih hemat dan tidak mudah menguap. Jadi anda tidak perlu melakukan pengisian ulang seperti aki basah.

  • Aki hybrid

Jenis aki ini biasanya digunakan untuk mesin mobil hybrid. Aki yang satu ini merupakan jenis aki dari perpaduan aki basah, kering dan kalsium. Penguapan nya juga minim dan perawatannya mudah serta murah. Namun jenis aki ini memiliki efek korosif pada mesin mobil.

  • Aki kalsium

Jenis aki yang satu ini memang termasuk dalam jenis aki mobil berkualitas terbaik. Sebab kutub aki terbuat dari material kalsium. Kandungan dari aki ini memiliki tingkat penguapan rendah apabila dibandingkan dengan jenis aki lainnya. Selain itu, daya tahannya juga sangat baik dalam menyalurkan listrik untuk komponen kendaraan.

  • Aki Gel

Jenis aki yang satu ini memang di klaim sebagai jenis aki mobil berkualitas terbaik dan canggih. Sebab jenis aki ini menggunakan gel, tidak lagi menggunakan cairan elektrolit seperti aki umumnya. Keunggulan lain dari aki ini adalah tidak bersifat korosif sehingga tidak mudah merusak komponen mesin mobil. Perawatan aki ini juga mudah dan usia pemakainya cukup panjang. Sehingga anda bisa mengandalkan aki gel untuk merawat mobil kesayangan.

Itulah berbagai ulasan kami mengenai jenis aki yang bisa anda ketahui. Semoga artikel kami bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai aki mobil.