GENGSI AMBIL JURUSAN AGRIBISNIS? KAMU HARUS TAHU KEUNTUNGAN PRODI SATU INI

Hampir sebagian besar anak-anak yang baru lulus SMK atau SMA sering memilih jurusan kuliah dengan prospek bisa bekerja di kantor. Karena kerja kantoran memang menjadi salah satu impian anak muda zaman sekarang. Kerja di dalam ruangan ber-AC dan memakai pakaian rapi dan formal akan memberikan kesan ‘Wah’. Sehingga tidak banyak yang mengetahui bahwa ada jurusan Agribisnis. Beberapa yang tahu mungkin akan berpikiran mengenai membajak sawah dengan sapi atau menanam padi.  Nggak begitu juga, chuy.

Jadi, Agribisnis merupakan kata yang berasal dari bahasa Inggris, yaitu agribusiness. Adalah gabungan antara kata agriculture (pertanian) dan business (bisnis). Agribisnis adalah bisnis atau manajemen yang bergerak di bidang pertanian. Dan segala hal yang mendukungnya. Cukup sederhana untuk dipahami bukan? Lalu apa saja yang dipelajari di jurusan jurusan agribisnis di bandung ini? Untuk program studi, agribisnis memadukan antara ilmu Soshum dan Saintek. Ini dikarenakan agribisnis mempelajari segala aspek budidaya, pengolahan pertanian, manajemen usaha, kewirausahaan dan pemasaran produk. Bagaimana? Luas sekali bukan? Jadi bukan tentang menjadi mahasiswa yang macul sawah berlumpur lalu bertemu cacing-cacing dan kabur ketakutan. Bukan kok.

10 Keuntungan Memilih Jurusan Agribisnis Di Masoem University

Negara maju dan adidaya sekarang ini boleh-boleh saja memiliki tank baja, rudal super, nuklir dan teknologi super canggih. Tetapi bukan berarti Indonesia bisa kalah begitu saja. Karena Indonesia memiliki rempah-rempah terbaik, cabai, beras dan hasil pertanian lainnya. Yang mana bisa dijadikan alat perang untuk menghadapi globalisasi. Agar hasil bumi yang didapatkan bisa digunakan sebagai alat perang. Tentunya dibutuhkan orang-orang lulusan Agribisnis (Sosial Ekonomi Pertanian).

Mungkin ada yang berpikir seperti ini, “Gengsi dong. Masa anak zaman now bajak sawah, ngubek-ngubek pupuk, atau mandi lumpur. Nggak level.”

Halo para calon penerus masa depan. Cara berpikir yang seperti itulah yang terkadang menjadi salah paham dan menyesatkan pada akhirnya. Dengan cara berpikir yang seperti itu membuat identitas Indonesia sebagai negara agraris menjadi turun pamornya. Dan gara-gara banyak anak muda zaman sekarang mengambil pekerjaan yang (kata mereka) lebih menjanjikan dan bergengsi. Serta sudah sesuai dengan passion dan keinginan. Membuat pengelolaan pertanian menjadi kurang maksimal dan kurang menarik secara ekonomis. Tidak mengherankan jika harga hasil bumi menjadi kurang stabil. Sangat ironis jika sebagai negara Agraris justru malah terus menerus impor beras.

Memang apa yang menjadi masalah jika bekerja di bidang pertanian?

Jurusan teknologi pangan di bandung Masoem University bisa memberikan keuntungan untuk kamu yang mengambil prodi ini. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Kondisi Indonesia sangat mendukung

Sudah diketahui bersama bahwa dari Sabang sampai Merauke, Indonesia merupakan negara kaya. Salah satunya adalah kekayaan alam, yang mana membuat Indonesia menjadi negara penghasil komoditas pangan besar di dunia. Dan kamu bisa menjadi salah satu pendukung utamanya untuk semakin memberdayakannya. Yakin masa depan indah-mu tertutup sama gengsi yang selangit itu?

  1. Hasil komoditasnya selalu dibutuhkan

Salah satu dari kekuatan negara yang wajib untuk diperhitungkan adalah pangan. Dan menjadi lulusan Agribisnis akan membuatmu menjadi salah satu pelopor pangan di Indonesia. Baik dari segi sektor perkebunan, peternakan, pertanian dan lainnya. Nikmat mana lagi yang kamu dustakan, guys?

  1. Cocok untuk jurusan IPA

Kamu anak SMA yang lulus dari jurusan IPA? Pilihan yang tepat jika mengambil jurusan Agribisnis untuk mengembangkan bakat dan minat. Khususnya buat kamu yang mencintai Biologi, wajib untuk mempertimbangkan jurusan Agribisnis ini.

  1. Masuk jurusan Agribisnis peluangnya lebih besar

Tahukah kamu bahwa universitas ternama dengan akreditasi A memiliki jurusan Agribisnis tetapi malah justru sepi peminat? Padahal, peluang kerja dari lulusan Agribisnis ini terbilang sangat besar. Namun sayang luput dari pengamatan. Dan kalau kamu memiliki minat untuk mengikuti seleksi masuk jurusan Agribisnis ini. Tentunya peluang diterima lebih besar daripada program studi yang lainnya.

  1. Bisa menjadi Entrepreneur

Hampir sebagian anak muda sekarang ini ingin menjadi Entrepreneur. Tetapi kenyataannya mereka hanya berniat tanpa action. Dengan menjadi lulusan Agribisnis, kamu bisa menciptakan lapangan kerja sendiri dan membantu orang lain untuk bekerja. Guys, sudah dibilang berapa kali kalau jurusan Agribisnis itu tidak membuatmu membajak sawah dengan sapi. Karena Agribisnis mengajarkan ilmu sosial ekonomi pertanian yang membuat menjadi seoarang pengusaha muda. Keren sangat pastinya.

  1. Prospek kerja cerah

Jika pada akhirnya kamu tidak menjadi seorang Entrepreneur, bukan berarti lulusan Agribisnis tidak memiliki peluang bekerja. Justru malah memilki peluang banyak dan bisa menjadi sukses. Ada segudang prospek kerja yang menanti. Misalnya menjadi pengembangan SDM, manajer lapangan, penyuluh pertanian, dll.

  1. Penghasilan yang didapatkan besar

Salah satu keuntungan yang menanti dari lulusan jurusan Agribisnis adalah kehidupan layak menanti. Ini dikarenakan jurusan Agribisnis bisa membuatmu mempunyai jabatan keren di pemerintahan atau menjadi pengusaha muda. Dan tentunya penghasilan yang didapatkan setiap bulannya akan sangat besar. Jadi masih gengsi ambil prodi Agribisnis setelah tahu pundi-pundi yang didapatkan ternyata besar?

  1. Pengembangan usaha bisa maksimal

Coba bayangkan sejenak. Kamu adalah seorang yang mengembangkan produk peternakan, mulai dari membudidayakan sampai menghasilkan produk. Yang bisa dijual atau diimpor, misalnya daging sapi. Dari proses tersebut tentunya menyisakan kulit sapi bukan? Kulit sapi ini bisa dimanfaatkan untuk membuat banyak produk. Seperti jaket, ikat pinggang, dll. Lihatlah nanti jadi sekaya apa kamu setelah menjadi lulusan Agribisnis.

  1. Banyak hal dipelajari sekaligus

Jurusan Agribisnis ini membuatmu mempelajari sistem bisnis, ekonomi, pemasaran produk sampai mengelola lingkungan alam. Jadi tidak hanya mencari untung semata, tetapi ikut serta untuk melestarikan alam.

  1. Menjadi pribadi produktif dan berkarya

Mahasiswa kedokteran setelah lulus pasti akan menjadi dokter. Beda dengan kamu memilih jurusan Agribisnis ini. Dengan kami memilih jurusan ini maka malah akan semakin produktif. Karena mata kuliah dari jurusan Agribisnis ini akan memberikan pelajaran penting. Bisa jadi kamu menciptakan produk baru yang memang ditunggu-tunggu dan dibutuhkan oleh masyarakat selain menjadi pengusaha.

Pilih Jurusan Agribisnis Hanya Di Masoem University

Nah sekarang kamu jadi paham dengan jurusan Agribisnis dan apa yang bisa ditawarkan oleh jurusan ini bukan? Buat kamu yang ingin menjadi pengusaha atau pelaku Agribisnis yang inovatif, andal, serta kompetitif. Maka Masoem University menjadi pilihan terbaik untuk kamu. Dengan mengambil jurusan Agribisnis di Masoem University ini membuatmu menjadi lulusan berkualitas dalam bidang Agribisnis. Prospek kerja yang akan didapatkan pun lebih lebar dan lebih luas. Diantaranya adalah menjadi manajer Agribisnis, pemimpin lembaga pertanian atau agribisnis, pelaku pendidikan dan konsultan pertanian, serta menjadi pemberdaya masyarakat. Lebih dari sekadar keren dan wah bukan?

So… Jangan gengsi untuk mengambil Jurusan Agribisnis ini. Karena di Masoem University akan membuatmu menjadi lulusan terbaik dan berkualitas. Sekali lagi, Jurusan Agribisnis ini bukan berarti kamu harus ngubek-ngubek sawah.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Jurusan Agribisnis Di Masoem University bisa dengan menghubungi contact person dibawah ini.

Masoem University

Jl. Raya Cipacing No. 22 Jatinangor 45363 Jawa Barat
Telp : 022 7798340
Whatsapp : 08156033022

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *