Bagi sebagian orang menganggap bahwa ban hanya merupakan aksesoris pelengkap dan tidak terlalu memiliki pengaruh pada performa sebuah kendaraan. Ban sendiri memiliki bentuk bulat sehingga memudahkan untuk menggelinding ke depan atau belakang. Tentunya anda bisa membayangkan sendiri jika bentuk ban kotak atau segitiga, pastinya akan sulit untuk meroda. Setiap kendaraan pastinya membutuhkan roda sebagai alat penggeraknya. Dan perlu diketahui dengan baik bahwa roda pada setiap kendaraan ini memiliki masa pakai.

Masa pakai roda ini akan habis jika permukaan ban sudah mulai halus atau menipis. Jika permukaan ban sudah halus, tentu harus diganti. Karena jika tetap digunakan maka akan berpengaruh pada keselamatan pengemudi dan penumpang. Juga akan berpengaruh pada performa dari kendaraan itu sendiri. Saat ini ada banyak jenis ban, merek dan pola, serta ukuran ban yang berbeda-beda. Perbedaan ban ini karena setiap kendaraan memiliki ban yang berbeda untuk dipakai. Misalnya pada ban pada alat-alat berat. Untuk ban pada alat-alat berat ini lebih besar dibandingkan dengan ban kendaraan pada umumnya.

Jenis Ban Loader Yang Perlu Anda Ketahui

Salah satu alat berat yang sering digunakan adalah Loader. Tentunya anda tidak asing dengan yang namanya Loader bukan? Loader sendiri termasuk ke dalam jenis alat berat yang dipakai memindahkan atau membawa benda lainnya. Diantaranya adalah pasir, kerikil, aspal, dan lainnya. Untuk Loader sendiri pun tersedia ke dalam beberapa jenis, yang mana setiap Loader ini mempunyai kelebihan dan fungsi tersendiri. Juga perlu diketahui dengan baik bahwa Loader sendiri merupakan salah satu bentuk investasi yang bisa dikatakan cukup penting. Serta memakan biaya cukup besar untuk para pelaku bisnis alat berat ini sendiri.

Oleh sebab itulah anda harus memastikan dengan baik bahwa Loader yang anda punya memiliki kondisi prima. Membuat kondisi Loader tetap prima adalah dengan cara memilih ban supaya mesin bisa beroperasi secara lebih baik. Pastikan untuk memilih ban loader yang tepat akan membuat lebih efisien, juga bisa mengurangi biaya operasional dan downtime. Untuk ban loader ini sendiri pun ada banyak jenisnya.

Berikut ini beberapa jenis ban loader yang perlu anda ketahui terlebih dahulu sebelum memilihnya.

  1. Pola kembang LUG

Memiliki pola kembang LUG membuat ban ini cocok untuk pemakaian traksi. Semakin dalam pola LUG dari ban, maka akan semakin baik untuk melakukan traksi. Ban dengan pola LUG ini ini kurang cocok dipakai pada permukaan beton dan permukaan sensitif. Misalnya pada daerah berumput, karena ban ini akan memberikan tekanan pada permukaan tanah cukup tinggi sehingga pemakaian ban di kedua area cepat menipis.

  1. Pola kembang industrial LUG

Untuk ban jenis ini termasuk ban yang multi fungsi. Ini dikarenakan ban kembang industrial LUG bisa dipakai pada permukaan beton dan tanah lunak. Jika ingin meggunakan loader di jalan umum, maka ban jenis ini sangat cocok dipakai.

  1. Pola Turf

Sedangkan untuk ban loader jenis ini cocok dipakai pada permukaan beton dan permukaan sensitif seperti daerah berumput. Jumlah tapak dari ban jenis ini banyak dan mampu memberikan tekanan rendah pada permukaan. Dengan begitu bisa lebih efisien pada permukaan beton. Pola sisi atau pinggiran ban yang halus ini meratakan beban dengan begitu kerusakan pada rumput bisa diminimalkan.

  1. Pola skid steer

Dengan pola ini maka loader bisa dimanfaatkan pada pekerjaan berat. Hal ini karena ban dilengkapi pelindung velg dan mempunyai lapisan benang yang terbilang tebal. Loader dengan ban pola ini cocok untuk traksi 50% dan permukaan keras 50%. Tetapi ban loader dengan pola skid steer ini pun hanya ada dalam ukuran kecil saja. Sehingga lebih cocok digunakan pada compact wheel loader.

Selanjutnya anda pun perlu mengetahui dengan baik tipe ban traktor. Traktor sendiri juga termasuk ke dalam jenis alat berat yang membantu dalam pertanian. Dengan adanya traktor ini, maka proses pembajakan menjadi lebih mudah tentunya. Dan berikut ini pilihan ban traktor belakang dan depan yang perlu anda ketahui dengan baik terlebih dahulu.

  1. R-1

Umumnya ban ini dipakai untuk pertanian dengan lahan kering. Jenis ban yang satu ini pun sering dikenal sebagai ban LUG dengan komponen perebutan traksi menjadi LUGS. Yang mana miring pada derajat 45 atau 23. Derajat ini tentunya tergantung dari pabrik yang membuatnya. R-1W merupakan ban yang lebih agresif. Dimana ban ini mempunyai kedalaman tapak sebesar 25%, yang mana lebih banyak dibandingkan dengan ban R-1. Untuk jenis ban R-1W ini cocok pada tanah liat basah, berat dan lembab.

  1. R-2

Merupakan jenis ban Ag yang kurang umum. Untuk kedalaman tapak ban jenis ini pun dua kali lipat dibandingkan dengan ban R-1. Untuk pilihan ban traktor ini cocok pada pertanian dengan kotoran yang basah atau lumpur. Yang mana bisa dipakai pada sawah atau tebu.

  1. R-3

Ban turf untuk traktor ini hadir dengan sebutan R-3. Dan seperti namanya, jenis ban ini cocok pada penggunaan umum yang mana menawarkan kerusakan turf paling sedikit. Selain itu ban jenis ini pun diketahui mempunyai traksi bagus pada pasir lepas dan kerikil. Beberapa ban turf ini pun memiliki desain tapak rendah dan lebar. Yang mana sering digunakan pada kontak lereng dan kondisi salju.

  1. R-4

Selanjutnya ban R-4 ini untuk traktor industri tirus. Ban industri ini menawarkan sebagian besar keuntungan traksi dari desain LUG. Yang mana ban turf ini memberikan sedikit dampak negatif. Dan ban kompromi umum akhir-akhir ini merupakan desain tapak industri (R4).

Mendapatkan Ban Loader Dan Ban Traktor Terbaik

View this post on Instagram

Solusi terlengkap dan terpercaya untuk kebutuhan ban dan suku cadang kendaraan industrial khususnya forklift dan alat- alat berat yang digunakan di area konstruksi, pertambangan & pertanian seperti loader, grader, crane, traktor, roller, vibro, reach stacker, dsb. Kami bertekad untuk menjadi solusi terdepan untuk kebutuhan kendaraan industrial dan alat berat Anda. Didukung oleh tim teknisi yang handal, kompeten dan professional, kami juga menyediakan layanan service untuk forklift, mulai dari perawatan rutin sampai perbaikan yang memerlukan keahlian khusus seperti overhaul (turun mesin) dan perbaikan transmisi. Sejak berdirinya Indo Autozone di tahun 2012, kami memiliki portfolio client yang tersebar merata di berbagai wilayah Indonesia mulai dari Sumatera, Jawa, Sulawesi, Kalimantan bahkan Papua. Ini merupakan bukti kepercayaan pelanggan terhadap kami dan tentunya totalitas komitmen Indo Autozone untuk kepuasan Anda.#banalatberat#banforklift#banloader#bangrader#banvibro#bantraktor#banreachstacker#bancrane

A post shared by INDO AUTOZONE (@indo.autozone.jakarta) on

Demikianlah beberapa pilihan jenis ban loader dan ban traktor terbaik yang bisa anda pilih. Dengan mengetahui beberapa jenis bahan diatas, pastinya anda tidak akan kesulitan untuk melakukan pemilihan lagi. Dan bagi anda yang belum mendapatkan ban terbaik untuk kebutuhan alat berat. Maka anda tidak perlu kebingungan terlebih dahulu, karena kami siap memberikan ban alat terbaik untuk anda. Kami bisa menyediakan berbagai pilihan ban loader dan ban traktor terbaik untuk solusi ban industrial dan ban alat berat anda. Anda bisa memilih sendiri seperti kebutuhan ban yang tepat untuk loader dan traktor anda. Dari segi harga pun terjangkau dan kompetitif, yang mana bisa bersaing dengan tempat jual ban kompetitor lainnya. Sehingga anda bisa membuat pertimbangan yang lebih matang terlebih dahulu tentunya. Selain ban untuk alat berat loader dan traktor, kami pun menyediakan ban alat berat lainnya. Diantaranya adalah untuk truk dan masih banyak lainnya. Jadi anda bisa memenuhi kebutuhan ban terbaik untuk alat berat supaya bisa beroperasi dengan lebih baik pastinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *