INILAH SYARAT KAMBING YANG BISA DISEMBELIH UNTUK AQIQAH

February 18, 2021
berkah

Di dalam tradisi umat muslim, kelahiran seorang anak biasanya akan dirayakan dengan acara Aqiqah. Acara Aqiqah ini biasanya dilaksanakan dengan tujuan untuk mengungkapkan kebahagiaan. Selain itu juga memanjatkan rasa syukur atas kelahiran buah hatinya dengan selamat. Upacara Aqiqah ini biasanya akan dilakukan dengan berbagai prosesi penyembelihan hewan ternak. Hewan ternak yang biasa digunakan untuk acara Aqiqah ini adalah kambing atau domba. Kemudian daging kambing tersebut akan dibagi-bagikan kepada keluarga maupun tetangga. Baik dalam bentuk daging mentah maupun sudah dimasak terlebih dahulu. Anda pastinya sudah tahu bukan bahwa acara Aqiqah ini sudah bisa dilakukan kapan saja. Mengenai biayanya tidak perlu dipertanyakan kembali. Karena perlu anda ketahui bahwa dengan banyaknya jasa Aqiqah. Maka kita bisa melaksanakannya sesuai dengan budget yang anda miliki. Karena jasa Aqiqah tersebut akan menyediakan paket Aqiqah yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan. Apakah anda sudah tahu seperti apa hewan Aqiqah yang sesuai dan bisa digunakan untuk Aqiqah? Lihat ulasan kami. Kami akan menjelaskan kepada anda mengenai syarat kambing yang bisa disembelih untuk Aqiqah.

Inilah Beberapa Syarat Kambing Aqiqah Yang Perlu Anda Tahu

Melakukan Aqiqah saat ini semakin mudah dan anda tidak perlu melakukannya sendirian. Karena dengan adanya jasa Aqiqah, maka semua keperluan Aqiqah tersebut benar-benar dikerjakan oleh jasa tersebut. Jika acara Aqiqah anda ingin lancar sesuai dengan yang anda harapkan. Pastikan untuk tidak melupakan hewan Aqiqah yang akan digunakan pada acara Aqiqah tersebut. Pilihlah kambing yang sesuai dengan syarat sah Aqiqah. Karena tidak semua jenis kambing tersebut bisa digunakan untuk Aqiqah semua. Jadi simak baik-baik beberapa syarat kambing Aqiqah yang ada di bawah ini, seperti:

  • Cukup umur

Apakah anda sudah tahu bahwa kambing yang bisa digunakan untuk Aqiqah harus sesuai umurnya. Minimal, kambing sudah berumur satu tahun. Baik itu kambing yang jantan maupun betina. Maka dari itu, kambing yang masih kecil jangan dulu disembelih untuk keperluan Aqiqah. Karena kambing tersebut harus sesuai dengan umur yang sudah ditentukan untuk Aqiqah.

  • Tidak cacat

Cacat dalam hal ini misalnya buta, baik itu buta total maupun sebagian, terlalu kurus, pincang dan masih banyak lagi lainnya. Maka dari itu, tidak perlu berakikah dengan kambing tersebut. Akan lebih baik jika anda juga memilih kambing yang masih hidup jangan memilih yang sudah disembelih. Karena anda tidak akan tahu seperti apa kambing yang digunakan untuk Aqiqah tersebut. Pastikan baik-baik anda memilih kambing Aqiqah yang berkualitas tidak cacat fisik.

  • Dimasak terlebih dahulu sebelum dibagikan

Inilah salah satu hal yang membedakan antara akikah dan juga kurban. Daging Aqiqah dianjurkan untuk dimasak terlebih dahulu baru bisa dibagikan kepada orang lain. Sedangkan untuk daging kurban ini akan diberikan dalam kondisi mentah. Tentunya anda harus bisa membedakan hal seperti ini.

  • Jumlah kambing sesuai dengan jenis kelamin anak

Jumlah kambing yang dibutuhkan untuk keperluan Aqiqah memang berbeda-beda. Untuk anak perempuan membutuhkan 1 ekor kambing saja. Sedangkan 2 ekor kambing untuk anak laki-laki. Ini harus anda pertimbangkan kembali sebelum Aqiqah tersebut berlangsung.

aqiqahkitabogor.com

Itulah beberapa bahan pertimbangan yang perlu anda perhatikan kembali saat membeli kambing untuk Aqiqah. Karena tidak semua jasa mampu menyediakan kambing yang berkualitas terbaik.

Subscribe
to our newsletter

CONTACT FORM HERE...

Oxygen works with any Contact Form Plugins
apartmentenvelope