Moms Ini Lho Essential Oils Yang Aman Untuk Anak-anak

Essential oils memang cukup banyak digunakan dan dinikmati oleh kalangan orang dewasa karena memiliki khasiat baik untuk kesehatan. Sehingga tidak jarang minyak esensial ini juga dipakai untuk anak-anak. Minyak esensial untuk anak-anak dapat membantu bayi dan anak-anak agar bisa tidur nyenyak. Selain itu juga bisa membantu mengurangi alergi dan gatal-gatal, serta meredakan penyakit yang terbilang sering muncul. Namun dalam pemakaiannya, essential oils bagi bayi dan anak-anak harus lebih berhati-hati dan selektif. Ini dikarenakan bayi dan anak-anak masih dalam usia pertumbuhan.

Pada dasarnya essential oils ini diaplikasikan pada kulit dan diserap oleh tubuh. Karena itulah sebaiknya minyak esensial yang dipakai untuk bayi dan anak-anak ini haruslah organik. Sehingga zat yang masuk ke dalam tubuh tentunya terbebas dari pestisida dan bahan kima berbahaya lainnya.

Daftar Essential Oils Yang Aman Dan Yang Harus Dihindari

Seperti yang sudah diketahui bersama, bahwa sekarang ini terdapat minyak esensial yang bisa digunakan untuk bayi dan anak-anak. Berikut ini beberapa daftar minyak esensial yang bisa dipakai dan yang perlu dihindari.

  1. 3 – 6 bulan

Yang aman: Tea Tree, Roman Chamomile, Geranium, Lavender, dan German Chamomile.

 

Yang perlu dihindari: Cinnamon Bark, Clove Bud, Eucalyptus, Fennel, Hyssop, Laurel Leaf, Lemon Leaf, Lemon Leaf, Lemongrass, Marjoram (Spanyol), Niaouli, Peppermint, Myrtle, Oregano, Rosemary, Sage, Wintergreen, Ylang Ylang, Anise, Basil, Birch, Cajuput, dan Cardamom.

 

  1. 7 bulan – 2 tahun

Yang aman: Tea Tree, Roman Chamomile, Geranium, Lavender, German Chamomile, Thyme Linalool, Cedarwood Atlas, Frankincense, Sweet Orange.

 

Yang perlu dihindari: Cinnamon Bark, Clove Bud, Eucalyptus, Fennel, Hyssop, Laurel Leaf, Lemon Leaf, Lemon Leaf, Lemongrass, Marjoram (Spanyol), Niaouli, Peppermint, Myrtle, Oregano, Rosemary, Sage, Wintergreen, Ylang Ylang, Anise, Basil, Birch, Cajuput, dan Cardamom.

 

  1. 2 – 5 tahun

Yang aman: Tea Tree, Roman Chamomile, Geranium, Lavender, German Chamomile, Thyme Linalool, Cedarwood Atlas, Frankincense, Sweet Orange, Hyssop, Lemon, Lemongrass, Myrrh, Patchouli, Spearmint, Sweet Basil, Sweet Marjoram, Bergamot BF, Black Pepper, Carrot Seed, Citronella, Clary Sage, Cypress, Ginger, Juniper Berry, Helichrysum, Ylang Ylang, Eucalyptus (Max 1%), Peppermint (Max 0.5%), Sandalwood, Grapefruit.

 

Yang perlu dihindari: Cajuput, Cardamom, Fennel, Lemongrass, Sage, Wintergreen, Anise, Rosemary.

 

  1. 6 – 8 tahun

Yang aman: Tea Tree, Roman Chamomile, Geranium, Lavender, German Chamomile, Thyme Linalool, Cedarwood Atlas, Frankincense, Sweet Orange, Hyssop, Lemon, Lemongrass, Myrrh, Patchouli, Spearmint, Sweet Basil, Sweet Marjoram, Bergamot BF, Black Pepper, Carrot Seed, Citronella, Clary Sage, Cypress, Ginger, Juniper Berry, Helichrysum, Ylang Ylang, Eucalyptus (Max 1%), Peppermint (Max 0.5%), Sandalwood, Grapefruit, Peppermint (Max 1%), Oregano, Sage, Rosemary, Tangerine, Ylang Ylang, Cajeput, Cardamom, Eucalyptus, Fennel, Laurel Leaf, Lemon Leaf, Myrtle, Niaoli.

 

Yang perlu dihindari: Birch, Wintergreen

 

Ada tiga cara untuk memakai minyak esensial atau minyak atsiri yang aman pada bayi. Diantaranya seperti berikut ini.

  • Pijatan

Pijat bayi bisa dilakukan untuk meredakan sakit perut atau untuk menenangkan serta membuat rileks bayi setelah mandi. Bisa juga dilakukan sebelum bayi tidur.

Mengatasi kolik: pijat ringan dan gerakkan jari-jari ke pusar bayi. Lakukan dua usapan ke atas dan dua sapuan melintang diatas pusar. Lalu dua gerakan ke bawah dan satunya melewati panggul. Bisa diulangi untuk beberapa putaran.

Pijatan biasa: hangatkan satu atau dua tetes minyak esensial encer dengan menggosok diantara kedua tangan. Mulai dari kaki bayi dan pijat dengan lembut sampai ke atas. Saat sudah mencapai perut dan dada bayi, ratakan tangan dan buat lingkaran kecil dengan jari-jari.

  • Saat mandi

Ketika bayi akan mandi cukup dengan menambahkan satu atau dua tetes minyak esensial yang sesuai ke dalam air hangat yang akan dipakai untuk mandi.

  • Dalam diffuser

Apabila moms memiliki alat diffuser, pastikan untuk memakai essential oils untuk bayi yang aman. Dan pastikan juga ventilasi kamar sudah cukup baik.

Meskipun beberapa minyak esensial untuk bayi dan anak-anak diatas dianggap aman. Namun tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik terlebih dahulu. Sebelum memberikan atau mengoleskan pada bayi. Diantaranya sebagai berikut ini.

1. Memeriksa label kemasan

Ketika membeli essential oils, terlebih dahulu membaca label kemasannya. Karena sangat penting untuk mengaplikasikan minyak esensial ini sesuai dengan cara, khasiat, dan kecocokan terhadap tubuh bayi. Dari label kemasan ini, moms bisa mengetahui kandungan apa saja yang terdapat di dalamnya. Sebaiknya hindari penggunaan minyak esensial yang mengandung alkohol dan wewangian sintetis. Sebab bisa membuat iritasi pada kulit bayi. Pastikan untuk memilih yang benar-benar murni kandungannya.

2. Memperhatikan umur bayi

Sebenarnya tidak ada patokan khusus mengenai umur bayi yang aman ketika memakai minyak esensial ini. Namun untuk membuat lebih aman, sebaiknya hindari pemakaian esensial pada bayi yang usianya dibawah 3 bulan. Beberapa minyak esensial juga tidak dianjurkan diberikan kepada bayi dibawah usia 6 bulan. Bisa dilihat pada tulisan diatas. Jangan ragu untuk menanyakan atau berkonsultasi kepada dokter sebelum memberikan minyak esensial ini pada bayi.

3. Mengencerkan terlebih dahulu sebelum dioleskan pada kulit bayi

Essential oils untuk bayi terlebih dahulu harus diencerkan dengan minyak pembawa sebelum dioleskan pada kulit bayi. Apabila moms tidak memiliki minyak pembawa, maka bisa memanfaatkan minyak almond atau minyak kelapa untuk mengencerkan-nya. Untuk takaran pengenceran minyak esensial tergantung usia bayi itu sendiri. Pada anak-anak berusia diatas 3 tahun, rasio yang aman dan direkomendasikan antara 0.5 – 1%.

4. Mengoleskan sedikit demi sedikit

Disarankan untuk mengoleskan sedikit minyak esensial yang sudah diencerkan ke kaku atau lengan bayi sebelum mengoleskannya ke bagian tubuh lainnya. Apabila dalam waktu 24 jam muncul reaksi kemerahan atau peradangan, sebaiknya hentikan pemakaian. Karena bisa jadi hal ini adalah reaksi alergi terhadap kandungan yang ada di dalam minyak tersebut.

Bonnels Essential Oils Terbaik Untuk Bayi Dan Anak-Anak

Nah itulah beberapa essentials oils yang baik serta yang perlu dihindari oleh bayi dan anak-anak. Juga beberapa cara untuk mengaplikasikan serta aturan yang boleh digunakan pada minyak esensial. Dengan mengetahuinya maka moms tidak akan salah memilih dan memberikannya kepada anak-anak. Salah satu minyak esensial yang baik dan tidak berbahaya untuk anak-anak adalah Bonnels.id. Kami menyediakan Essential Oils untuk cough and flu, deep sleep, bug away dan happy tummy. Essential oil dari kami terbuat dari bahan alami, sehingga aman dan bisa menggantikan obat-obat yang menimbulkan efek samping jangka panjang.  Bahan alami ini sangat efektif untuk menjaga kesehatan bahkan mampu menyembuhkan penyakit. Sudah banyak moms yang memakai Bonnels ini. Dengan semua bahan alami yang digunakan ini membuat Bonnels bersih dan aman dipakai tentunya.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *