SIUJK atau yang sering disebut sebagai Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ini dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah kepada perusahaan. Yang mana SIUJK ini dipakai untuk melaksanakan kegiatan di bidang konstruksi. Entah itu untuk lingkungan pemerintah, BUMN atau non pemerintah. Baik untuk perencana konstruksi, pelaksana konstruksi atau sebagai pengawas serta perencana konstruksi. Jika perusahaan jasa konstruksi anda sudah memiliki SIUJK, maka perusahaan dijamin lulus tahap pertama saat melakukan uji administrasi. Perlu diketahui dengan baik bahwa SIUJK ini wajib dimiliki oleh setiap perusahaan jasa konstruksi saat mengikuti tender. Serta harus mengurangi biaya pph 23.

Sebelum mengetahui kisaran biaya pembuatan SIUJK, maka harus mengetahui syarat dan ketentuan dalam pembuatannya terlebih dahulu.

  1. Legal Umum Usaha

Untuk syarat yang pertama adalah fotokopi Legal Umum Usaha atau akta berdirinya perusahaan. Yang mana sudah terdaftar pada Departemen Kehakiman atau Pengadilan.

  1. SKA (Tenaga Ahli) Asli

Sertifikasi Tenaga Ahli (SKA) ini tergantung pada kualifikasi Izin Usaha Jasa Konstruksi yang dibutuhkan.  Jika klasifikasi kecil atau K1, maka membutuhkan SKT dengan ijazah SMA atau STM. Sedangkan untuk klasifikasi M1 membutuhkan SKA. Yang artinya perusahaan harus memiliki tenaga ahli minimal Sarjana. Dan jumlah sarjana ini tergantung tenaga yang dibutuhkan nantinya. Menurut LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi), SKA yang dibutuhkan disesuaikan dengan bidang yang dikerjakan. Misalnya perusahaan A mengerjakan 3 klasifikasi. Maka hanya membutuhkan 4 SKA yang terdiri atas 1 penanggung jawab teknik dan 3 penanggung jawab klasifikasi.

Setiap SKA ini tentunya harus mengikuti training yang ditentukan oleh asosiasi profesi terkait. Serta mengikuti wawancara atau membuat sebuah karya ilmiah sesuai bidang yang dipilih sebelum mendapatkan SKA. Untuk syaratnya sendiri adalah S1 Teknik dan Pertanian, mengisi formulir keanggotaan, memberikan fotokopi Ijazah S1, fotokopi KTP, menyertakan pasfoto 3×4 4 lembar dan menyertakan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)

  1. KTA (Asosiasi) Asli

Selanjutnya harus menyertakan Kartu Tanda Asosiasi asli. Perlu diketahui bahwa KTA Asli ini pun sangat penting untuk ada dalam pembuatan SIUJK. Sebab usaha jasa konstruksi tentunya akan tergabung ke dalam asosiasi resmi.

  1. Sertifikat Badan Usaha Asli

Nah untuk memiliki SBU ini, usaha jasa konstruksi harus memiliki sertifikasi tenaga ahli atau SKA dan harus menjadi anggota asosiasi ter-akreditasi di LPJK. Lalu membayar biaya ketika mengurus SBU sesuai bidang yang dikerjakan oleh usaha jasa konstruksi tersebut. Syarat untuk membuat SBU atau Sertifikat Badan Usaha adalah akta pendirian Usaha, SK Menteri Hukum dan HAM, surat keterangan domisili usaha, dan mempunyai NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

  1. Foto Direktur Utama

Bagi direktur utama biasanya diharuskan hadir untuk berfoto dan hal ini sifatnya wajib.

  1. Lain-lain

Selanjutnya adalah adanya SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), Tanda Daftar Perusahaan, Pengusaha Kena Pajak, mempunyai neraca serta laporan keuangan perusahaan. SKA atau SKT, KTA, KTP pengurus perusahaan, KK penanggung jawab perusahaan, pasfoto 4×6 4 lembar. Dan yang terakhir adalah adanya struktur organisasi perusahaan.

Memilih Jasa Pengurusan SIUJK Yang Berpengalaman

Biaya pengurusan SIUJK sendiri bisa dibuat dengan bantuan jasa pembuatan SIUJK di daerah masing-masing. SIUJK ini sangat penting karena perusahaan konstruksi nantinya akan mendapatkan sertifikat kelulusan dalam hal administrasi perusahaan. Serta sudah terdaftar secara resmi pada website IPJK. Jika sudah terdaftar di IPJK, maka perusahaan konstruksi anda dinyatakan aman dan lulus. Dengan bekerja sama dengan jasa pengurusan SIUJK maka biaya pembuatan SIUJK menjadi lebih terjangkau. Sebab jika mengurus sendiri tanpa bantuan jasa akan lebih mahal. Apabila anda ingin membuat SIUJK tetapi belum menemukan jasa berpengalaman untuk diajak kerja sama. Maka beberapa tips berikut bisa sedikit membantu.

  1. Pastikan jasa pengurusan SIUJK legal

Tentunya jasa pengurusan SIUJK yang baik sudah memiliki izin-izin, sehingga jasa mereka sudah legal. Sehingga bisa bersaing dengan jasa pengurusan SIUJK yang lainnya. Dan jasa konstruksi yang akan melakukan kerja sama dengan jasa tersebut pun akan menjadi aman tentunya. Karena jika sudah legal, maka semua urusan dalam hal pembuatan SIUJK bisa lebih cepat selesai sesuai proses yang ada tentunya.

  1. Memiliki alamat dan contact person yang jelas

Kemudian dari segi alamat yang dimiliki oleh jasa pengurusan SIUJK pun valid dan mudah untuk ditemukan. Dengan adanya lokasi kantor yang jelas ini, maka jasa konstruksi yang akan melakukan kerja sama tidak akan kebingungan lagi. Anda juga bisa melakukan survey terlebih dahulu sebelum melakukan kerja sama dengan jasa tersebut. Dari segi contact person pun bisa dengan mudah dihubungi oleh setiap calon pengguna jasa.

  1. Perhatikan pelayanan dan layanan yang diberikan

Selanjutnya anda pun juga harus memperhatikan dengan baik pelayanan dan layanan yang diberikan. Apakah jasa tersebut memberikan pelayanan dan layanan yang baik atau tidak. Jika pelayanan yang diberikan terkesan bertele-tele, maka sebaiknya memilih jasa pengurusan SIUJK lainnya saja. Karena pelayanan yang seperti itu akan membuat anda kurang nyaman saat melakukan kerja sama. Juga membuat anda lebih lama menunggu SIUJK selesai dibuat.

  1. Mempertimbangkan pengalaman yang sudah ada

Anda pun harus mempertimbangkan dengan baik pengalaman jasa pengurusan SIUJK yang ada. Perlu diketahui dengan baik bahwa semakin banyak pengalaman yang dimiliki oleh jasa pengurusan. Maka kredibilitas dan reputasi yang dimiliki oleh jasa tersebut semakin baik. Dan klien yang datang melakukan pengurusan SIUJK tentunya juga sudah banyak. Dengan begitu calon-calon klien yang akan melakukan kerja sama tidak akan ragu tentunya.

  1. Pertimbangkan biaya pengurusan SIUJK yang ditawarkan

Dan hal yang paling penting untuk dipertimbangkan dengan baik saat memilih jasa pengurusan SIUJK adalah dari segi biayanya. Setiap jasa pengurusan SIUJK bisa memberikan penawaran harga jasa yang berbeda-beda. Oleh sebab itulah anda harus bisa lebih selektif lagi. Usahakan untuk memilih jasa pembuatan SIUJK yang memberikan penawaran biaya pengurusan SIUJK terjangkau dan kompetitif.

  1. Adanya garansi

Selain itu anda pun harus mempertimbangkan dengan baik apakah jasa pengurusan SIUJK tersebut memberikan garansi atau tidak. Perlu diketahui dengan baik bahwa garansi ini nantinya akan membuat anda menjadi lebih aman dan nyaman saat bekerja sama. Jadi jika ada sesuatu yang sekiranya tidak sesuai, maka pihak jasa pengurusan SIUJK akan bertanggung jawab untuk memperbaiki dan menyesuaikan dengan awalnya.

Jika anda belum juga menemukan jasa pembuatan SIUJK yang baik seperti apa, maka konsultanku.com menjadi pilihan paling tepat. Karena konsultanku.com mampu menganalisa dan mengidentifikasi setiap kebutuhan perusahaan atau individu. Konsultanku.com pun memberikan pelayanan 24 jam penuh untuk membuat klien menjadi lebih nyaman. Proses pengurusan SIUJK dibantu oleh tim profesional sehingga bisa lebih cepat. Selain itu klien juga bisa mendapatkan konsultasi gratis sebelumnya. Tentu data dari klien pun dijamin aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *