Beginilah Syarat Hewan Aqiqah Yang Harus Dipenuhi

Sudah menjadi hal yang sangat dianjurkan untuk orang tua untuk mengaqiqahi anaknya yang baru lahir. Aqiqah anak yang baru lahir merupakan Sunnah muakkad yang telah dilakukan sejak ribuan tahun lalu. aqiqah merupakan kegiatan penyembelihan hewan aqiqah, yaitu kambing atau domba. Sebagai bukti rasa syukur kepada Allah subhanahu wa ta’ala yang telah memberikan rezeki dan nikmat atas lahirnya seorang anak. Selain itu aqiqah memiliki ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi oleh setiap orang tau yang hendak mengaqiqahkan anaknya. Salah satunya tentang waktu pelaksanaan aqiqah yang sesuai dengan tuntunan. Dalam sebuah hadits shahih riwayat Abu Dawud dijelaskan tentang kapan waktu menyembelih hewan aqiqah. Yaitu pada hari ke tujuh setelah kelahiran si bayi tersebut. Di hari ketujuh tersebutlah anak diberikan nama, dicukur rambutnya dan disembelihkan kambing atau domba. Namun jika di hari ke tujuh belum mampu. Boleh diganti pada hari ke empat belas atau dua puluh satu.

layanan aqiqah
Sebelum Membeli Hewan Aqiqah Perhatikan Ini!

Dalam penyembelihan hewan aqiqah untuk si bayi tentu kita harus memperhatikan tentang kriteria dalam memilih hewan untuk kita gunakan. Mengaqiqahi anak yang baru lahir merupakan Sunnah yang dianjurkan, tetapi jika orang tua belum memiliki kemampuan untuk memenuhi anjuran itu, maka ia boleh menundanya. yaitu ketika di hari ke tujuh belum bisa maka boleh di hari ke empat belas atau di hari ke dua puluh satu. Namun jika hingga dewasa orang tua belum bisa mengaqiqahi anaknya. Maka menurut pendapat ulama yang kuat, dibolehkan untuk seseorang itu mengaqiqahi dirinya sendiri meski sudah dewasa. Dan di zaman yang serba digital ini, banyak kemudahan yang akan kita dapatkan saat ini. Bahkan tak terkecuali kemudahan dalam melangsungkan aqiqah untuk anak kita. Sebab saat ini telah banyak jasa aqiqah yang memberikan pelayanan prima kepada kita. Saat ini kita juga bisa membeli hewan aqiqah dengan lebih mudah. Tinggal memesan lewat online. Maka pesanan kita akan sampai.
Namun jika anda ingin memilih hewan aqiqah yang baik, anda harus mengikuti beberapa tips di bawah ini. Inilah syarat-syarat dalam memilih hewan aqiqah:
Usia hewan yang hendak disembelih sudah cukup
Hal pertama yang harus anda perhatikan ketika memilih hewan sembelihan untuk aqiqah. Anda harus memperhatikan usia yang dimilikinya. Jika anda menggunakan kambing maka usia yang baik untuk bisa disembelih adalah satu tahun atau satu taun lebih. Jika anda menggunakan domba maka ketika ia berusia setengah tahun lebih, anda boleh menyembelihnya. Ini sangat penting dilakukan sebab dengan usia yang sudah layak, daging yang dimiliki oleh hewan sembelihan itu sudah baik dan terbilang banyak.

Hewan dalam keadaan sehat
Hal berikutnya yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah. Kesehatan yang dimiliki oleh hewan tersebut. Apakah hewan tersebut dalam keadaan baik-baik saja? Apakah nafsu makannya terjaga dan dilihat dari gemuk atau tidaknya badan hewan tersebut. Ini mampu menjawab tentang kesehatan dari hewan yang ingin kita sembelih. Hewan yang sehat biasanya juga aktif dan tidak hanya tiduran saja. Biasanya ia juga akan lebih banyak bersuara ketimbang diam saja.

Tidak dalam keadaan cacat sedikit pun
Kemudian yang terakhir. Syarat diterimanya aqiqah yang kita lakukan adalah dengan memberikan yang terbaik. Yaitu yang tidak dalam keadaan cacat sekecil apapun. Cobalah untuk memperhatikan setiap bagian yang dimiliki oleh hewan tersebut. Mulai dari mata. Sebab mata tidak boleh buta sebelah. Hingga kaki. Kaki kambing atau domba tidak boleh pincang. Dengan terpenuhi setiap syarat yang ada. Maka aqiqah pun akan berjalan dengan baik dan bermanfaat.

aqiqahkitabandung.com

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.