Beberapa Cara Berdoa Yang Baik Dan Benar

Sebagai manusia yang memiliki kelemahan dan kelebihan dan sebagai makhluk sosial yang selalu membutuhkan bantuan dan pertolongan dari orang lain, manusia memang diciptakan lemah dan akan selalu butuh orang-orang di sekitar untuk dapat menjalani kehidupan sehari-hari. Bahkan hingga masuk ke liang kuburpun, manusia masih harus dibantu oleh orang terdekatnya.

Manusia banyak sekali bersandar pada bantuan dan pertolongan, terutama bersandar pada bantuan dan pertolongan Allah swt. Tuhan sebagai Sang Pencipta manusia adalah satu-satunya yang berkuasa untuk memberikan bantuan dan pertolongan dengan berbagai cara yang bahkan sering diluar dugaan atau kadang diluar logika manusia, dan memang begitulah cara Tuhan bekerja, yang tidak mudah diterka dan tidak mudah dipahami oleh akal pikiran manusia.

Kecenderungan manusia untuk bergantung pada pencipta nya memang hal yang sangat wajar dan lumrah, dan memang hal itulah yang harus kita lakukan sebagai bukti penyerahan diri dan penghambaan kepada Allah swt. Ada banyak sekali cara dan jalan yang bisa ditempuh untuk meraih pertolongan dari Allah swt, yaitu salah satunya adalah dengan berdoa. Berdoa berarti menyatakan pengharapan yang diinginkan atau yang dibutuhkan oleh manusia. Untuk dapat berdoa dengan baik dan benar, ada cara-cara berdoa yang harus ditempuh oleh manusia jika ingin doanya dikabulkan oleh Allah swt.

Mengapa manusia membutuhkan cara berdoa untuk dapat pertolongan dari Allah swt? Manusia membutuhkan cara berdoa agar doa yang dipanjatkan dilakukan dengan benar dan sesuai dengan ketentuan yang Allah swt terapkan. Dengan begitu, manusia yang telah mengusahakan yang terbaik untuk berdoa kepada Allah swt, pengharapannya untuk pengabulan doa akan lebih besar dan lebih pasrah dengan jawaban yang Allah swt berikan. Berikut ini adalah cara berdoa yang bisa Anda usahakan sebelum Anda memanjatkan doa kepada Allah swt:

Cara berdoa yang baik dan benar oleh cakhasan.com

  • Berpakaian bersih dan layak

Cara berdoa yang pertama adalah dengan berpakaian yang rapi dan layak. Pakaian yang bersih sebagai bentuk penghormatan kita dan juga sebagai bentuk keseriusan kita dalam memanjatkan doa. Selain itu, jika pakaian kotor atau terkena najis, otomatis kesahan doa pun menjadi hal yang dipertanyakan, kecuali dalam keadaan darurat.

  • Berwudhu dan suci dari hadas

Kedua, cara berdoa yang baik dan benar adalah mengambil air wudhu terlebih dahulu untuk mensucikan badan, juga menghilangkan hadas yang kecil maupun yang besar. Doa sah dilakukan oleh orang yang sudah berwudhu dan suci dari hadas.

  • Menghadap ke kiblat

Cara berdoa selanjutnya adalah menghadap ke arah kiblat. Hal ini disesuaikan dengan cara saat kita melakukan shalat 5 waktu yang mengarah ke kiblat. Dengan berdoa menghadap ke kiblat, berarti kita mengarahkan harapan dan permohonan kita pada pusat energi yang besar. Namun, dalam keadaan darurat dan tidak memungkinkan, berdoalah ke arah manapun karena sesungguhnya Allah swt ada di semua penjuru arah bahkan yang tidak kita ketahui sekalipun.

  • Beristigfar sebelum berdoa

Syarat berdoa yang harus kita lakukan dari rangkaian cara berdoa adalah dengan beristigfar sebelum berdoa. Istigfar sebagai bentuk permohonan ampun kepada Allah swt adalah sebagai jalan bertaubat dari kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan.

  • Berdzikir sebelum berdoa

Cara berdoa selanjutnya adalah dengan berdzikir, yaitu mengucapkan pujian dan sebutan-sebutan keagungan Allah swt sebagai bentuk sanjungan terhadap Sang Maha Agung.

  • Doa diucapkan dengan suara yang lembut

Ketika Anda berdoa, panjatkanlah harapan dan permohonan Anda dengan suara yang lembut dan santun, tidak terlalu keras, namun juga tidak terlalu pelan. Bayangkanlah Anda sedang berhadapan dengan Dzat Yang Maha Segalanya, lebih dari apapun yang ada di dunia dan akhirat. Maka dari itu, sesuaikanlah sikap dan suara Anda.

  • Panjatlah doa untuk kebaikan saja

Jangan sampai Anda berdoa untuk mencelakai atau untuk merugikan seseorang, karena hal itu pasti akan kembali juga ke diri Anda sendiri. Panjatkanlah doa yang baik, pengharapan yang baik, dan juga keinginan yang baik meskipun keadaan Anda sedang tidak baik-baik saja, namun Anda jangan khawatir karena Allah swt pasti mengetahui permasalahan Anda sekalipun permasalahan yang paling rumit untuk dijelaskan.

  • Tutup doa dengan bersyukur kepada Allah swt

Untuk menutup doa Anda, panjatkanlah dan ungkapkanlah rasa syukur Anda kepada Allah swt dengan mendalam.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *