Banyak orang yang saat ini ingin belajar bagaimana memulai bisnis menjadi seorang dropshipper. Dropshipping adalah model bisnis yang mana Anda dapat menjual produk tanpa memiliki persediaan atau pesanan pengiriman sendiri.

Sebaliknya, ketika pelanggan membeli barang di toko Anda, Anda bisa melakukan pemesanan langsung dengan pedagang grosir asli. Kemudian supplier grosir akan mengirimkan pesanan langsung ke pelanggan Anda. Berikut adalah keuntungan bisnis dropshipping yang belakangan banyak diminati oleh orang-orang.

Keuntungan Bisnis Dropshipping

  1. Bisa Memilih Produk Apa yang Sedang Trendi

Bisnis dropshipping, memudahkan Anda untuk memilih sendiri mana yang ingin Anda promosikan dan jual. Anda bisa memilih dari ribuan produk yang akan disimpan di drop ship store Anda.

Anda bisa mencari produk-produk trendi dan populer berdasarkan tren dan riset penjualan- untuk menjaga toko online Anda berkembang setiap saat.

  1. Tidak Memerlukan Pergudangan

Dengan menjadi seorang dropshipper, maka Anda tidak perlu menyimpan inventaris pilihan Anda di gudang atau fasilitas penyimpanan saat mengoperasikan bisnis dropshipping Anda sendiri.

  1. Tidak Menghabiskan Banyak Tenaga

Membuat penjualan adalah bagian yang menyenangkan. Bisa memenuhi pesanan pelanggan menjadi lebih menyenangkan karena bisa memberikan keuntungan untuk bisnis Anda dan pemesanan tidak akan menguras energi Anda. Anda tidak harus packing sendiri karena semua pesanan Anda akan dikirim oleh pemasok grosir.

  1. Modal Awal yang Rendah

Ketika Anda memulai bisnis online, Anda dapat memulainya dengan investasi awal yang rendah dan biaya operasional yang minimal.

Anda tidak perlu membeli inventaris di awal yang mengharuskan Anda untuk menyimpan inventaris untuk dijual. Bisnis dropshipping akan menyimpan produk-produk sampai Anda melakukan penjualan.

 

  1. Tidak Ada Persediaan Restocking

Salah satu keuntungan terbesar dari menjalankan bisnis dropshipping yang sukses adalah kemampuan untuk menjual produk-produk hebat tanpa harus repot memesan kembali persediaan yang habis.

Tips Memulai Bisnis Dropshipping

Lalu bagaimana cara untuk memulai sebuah  bisnis dropshipping itu sendiri?

  1. Temukan Pemasok Dropshipping

Anda perlu menjelajahi banyak jalan untuk menemukan dropshippers terbaik untuk kebutuhan Anda. Anda bisa melihat berbagai marketplace ternama yang bisa menghubungkan Anda dengan pemasok yang hebat.

  1. Tinjau Praktik Bisnis Pemasok

Meskipun Anda mungkin satu-satunya yang mengiklankan dan menjual produk kepada pelanggan Anda, pemasok masih dapat mempngaruhi bisnis Anda, Anda perlu mencari tahu sebanyak mungkin tentang pemasok potensial sebelum Anda memutuskan untuk bekerja sama dengan mereka.

Cari tahu bagaimana mereka melakukan bisnis dan lihat apakah itu sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Pemasok dropshipping mungkin terlihat bagus di atas kertas. Namun, menggali sedikit lebih dalam ke dalam layanan yang diberikan bisa saja menunjukkan bahwa perusahaan memiliki cara yang kurang ideal untuk menangani hal-hal seperti pengembalian uang atau salah pengiriman.

  1. Pahami Biaya Pemasok dan Kebijakan Pemesanan Minimum

Penting bagi Anda untuk memahami bagaimana biaya pemasok ditetapkan sehingga Anda dapat mendapatkan kesepakatan yang adil.Beberapa perusahaan dropshipping membebankan biaya bulanan dan mingguan. Cari tahu juga berapa jumlah minimum yang bisa dikirim.

Mudah sekali bukan menjadi seorang dropshipper? Tidak sesulit yang Anda bayangkan. Jangan lupa, tulis semua laporan keuangan Anda dengan aplikasi Buku Warung. Dengan aplikasi Buku Warung, maka semua keuangan bisnis Anda akan menjadi lebih mudah ditangani.