Categories
Uncategorized

5 JENIS TES BAHASA INGGRIS UNTUK MELANJUTKAN KULIAH KE LUAR NEGERI YANG HARUS KAMU KETAHUI

5 JENIS TES BAHASA INGGRIS UNTUK MELANJUTKAN KULIAH KE LUAR NEGERI YANG HARUS KAMU KETAHUI

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa untuk bisa melanjutkan studi ke luar negeri tentunya bukanlah hal yang mudah. Untuk bisa berkuliah di luar negeri kita harus melengkapi banyak berkas yang diperlukan serta harus melewati beberapa tes terlebih dahulu. Banyak sekali test – test yang harus kita lakukan untuk bisa lolos seleksi masuk ke perguruan tinggi luar negri. Salah satunya adalah tes berbahasa inggris. Untuk tes atau ujian bahasa inggris tersebut pun terbagi menjadi 5 jenis tes atau ujian yang berbeda. Namun bukan berarti kamu harus mengerjakan kelima test tersebut sekaligus. Kamu hanya perlu mengikuti serangkaian tes tersebut dari satu jenis tes yang kamu pilih. Dan tentunya test bahasa inggris yang kamu kerjakan harus sesuai dengan persyaratan yang diberikan oleh universitas atau instansi yang akan kamu pilih nantinya. Pada artikel kali ini kami akan memberikan anda sedikit penjelasan tentang jenis – jenis tes bahasa inggris yang diperlukan untuk berkuliah di luar negeri. Berikut adalah penjelasannya yaitu:

  • TOEFL ( test of English as a foreign language )

TOEFL merupakan salah satu jenis tes Bahasa inggris yang sudah umum yang sudah tidak asing lagi. Test ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kapasitas seseorang dalam berbahasa inggris. Test ini pada umumnya digunakan sebagai tes untuk melanjutkan Pendidikan ke universitas. TOEFL terbagi menjadi 4 bagian, yaitu listening, reading, writing dan speaking. 

  • IELTS ( international English language testing system )

Test ini wajib dilakukan untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. Test ini menggunakan standar british English dan membutuhkan strategi yang tepat dalam menjawabnya. Sehingga agar bisa lolos tes ini, kamu membutuhkan preparation course. IELTS terbagi menjadi dua jenis tes, yaitu general training ( untuk bekerja ) dan academic training ( untuk studi ). Selain itu tes IELTS juga memiliki empat bagian Ketika melakukan test. Mulai dari bagian listening, reading, writing dan bagian speaking. 

  • GMAT ( graduate management admission test )

Test ini biasanya digunakan bagi mahasiswa program studi bisnis yang akan melanjutkan studi di luar negeri. Dalam melakukan tes GMAT ini juga terbagi menjadi empat bagian. Mulai dari kemampuan verbal umum, matematika ( quantitative ), analytical writing, dan penalaran terpadu ( integrated reasoning ). Sebaiknya sebelum mengikuti tes ini kamu bisa melakukan persiapan dengan melalui les maupun praktek. Untuk mengikuti tes ini memang membutuhkan biaya yang cukup mahal. 

  • SAT ( scholastic aptitude / assessment test ) 

Test ini menjadi test Bahasa inggris yang dipakai untuk menilai standar penerimaan mahasiswa baru s1 di amerika serikat. Pada tes ini terdapat beberapa komponen yang dilaluinya. Yaitu evidence-based, reading and writing, reading test, writing and language test, mathematics, serta essay. Untuk mengikuti tes ini kamu memerlukan persiapan yang cukup lama. 

  • TOEIC ( test of English for international communication )

Test ini merupakan tes yang lebih mudah dibandingkan dengan tes TOEFL. Sebab tes ini biasanya digunakan sebagai tes untuk masuk ke dalam perusahaan. Test ini dilakukan melalui dua sesi, yaitu sesi listening dan sesi reading. Meskipun test ini digunakan dalam standar untuk masuk perusahaan, tes ini juga digunakan untuk masuk kampus di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *